Samaun Samadikun Hadir Dalam Google Doodle Hari Ini, Bapak Mikroelektronika Yang Punya Pengaruh Besar Di Indonesia !

1
1020
Samaun Samadikun Hadir Dalam Google Doodle Hari Ini, Bapak Mikroelektronika Yang Punya Pengaruh Besar Di Indonesia !

Samaun Samadikun Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Beliau ?

Smeaker.comSeperti biasa, salah satu mesin pencari di dunia memang kerap kali memperingati hari bersejarah ataupun tokoh penting yang mempunyai peran besar pada masa silam. Hari ini, Jum’at 15 April 2016 Google kembali merubah halaman utamanya dengan sosok pria bernama Samaun Samadikun. Lantas, siapa sih beliau?

Institut Teknologi Bandung (ITB) memang patut berbangga melahirkan seorang pengajar bernama Samaun Samadikun. Sebagai dosen gelombang pertama di ITB, Samaun Samadikun juga dikenal dengan sebutan Bapak Mikroelektronika Indonesia. Jasanya dibidang elektronika juga telah terkenal mendunia. Bahkan, Samaun Samadikun rupanya juga mempunyai impian jika suatu saat Bandung akan dapat menjadi kota chip di Indonesia.

Prof.Dr. Samaun Samadikun juga adalah yang memprakasai program Bandung High Technology Valley (BHTV). Beliau juga selalu mendorong adanya investasi global untuk industry elektronika Indonesia untuk lebih beroriantasi ekspor, hal tersebut agar industry tersebut akan dapat menghasilkan devisa. Bagi Samaun Samadikun, kemajuan industry elektronika Indonesia harus diukur dari jumlah nilai ekspor serta jumlah lapangan kerja.

Samaun Samadikun Hadir Dalam Google Doodle Hari Ini, Bapak Mikroelektronika Yang Punya Pengaruh Besar Di Indonesia !

Sementara itu, karirnya menjadi seorang dosen pun diawalinya di Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung pada tahun 1957. Samaun Samadikun menjadi professor bidang elektronika pada tahun 1974.

Semasa Samaun Samadikun bertugas di ITB, beliau tercatat pernah menjabat sebagai ketua jurusan Jurusan Teknik Elektro pada periode 1964 hingga 1967. Samaun Samadikun juga merupakan seorang pendiri serta direktur pertama dari Pusat Antar Universitas (PAU) Mikroelektronika ITB pada periode 1984 hingga 1989, yang akhirnya sekarang dikenal dengan nama Pusat Mikroelektronika ITB.

Sedangkan pada tahun 1987 hingga 1992, Samaun Samadikun menjabat sebagai Anggota MPR RI sebagai utusan golongan. Bukan hanya itu, Samaun Samadikun juga dikenal sebagai penulis yang turut menyumbangkan banyak publikasi Ilmiah Nasional maupun Internasional dalam bidang tunnel diodes, instrumensasi nuklir, fabrikasi IC, energy, industry elektronika hingga pendidikan serta editor buku Mikroelektronika.

Baca Juga : Pandit Ravi Shankar Hiasi Google Doodle Hari Ini, Siapasih ?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here