Ekspansi Ke Asia Tenggara, Alibaba Resmi Akuisis Lazada Setelah Gelontorkan Dana USD $1 Miliar Lebih !

0
815
Ekspansi Ke Asia Tenggara, Alibaba Resmi Akuisis Lazada Setelah Gelontorkan Dana USD $1 Miliar Lebih !

Alibaba Resmi Kuasai Lazada Setelah Golontorkan Dana Hingga USD 1 Miliar !!

Smeaker.comPerusahaan Alibaba Group Holding yang bermarkas di China kian memperluas bisnis jual beli online yang dikembangkannya di pasaran Asia Tenggara. Yang terbaru, bahkan mereka berhasil mengamankan saham senilai USD 1 MIliar atau setara dengan sekitar Rp 13 Triliun yang sebelumnya dimiliki Lazada Group. Hal tersebut kini menjadikan Lazada menjadi pemilik saham mayoritas yang mengendalikan Lazada.

Alibaba sendiri akan membayar Lazada dengan USD 500 Juta untuk saham barunya, sedangkan sisanya mereka membelinya dari saham investor yang sebelumnya sudah memberikan pendanaan kepada Lazada. Menurut laporan Bloomberg, beberapa investor yang ikut menjual sahamnya kepada Alibaba tersebut adalah antara lainnya Rocket Internet SE, Tesco Plc serta Investment AB Kinnevik. Seperti yang diketahui, Rocket Internet masih mempunyai saham di Lazada sebesar 8,8 persen, Tesco sebesar 8,3 persen, serta Kinnevik masih mempunyai saham sekitar 3,6 persen.

Lazada sendiri selama ini telah cukup dikenal sebagai perusahaan e-commerce yang menjual berbagai produk elektronik serta pakaian di enam pasar Asia Teggara, termasuk diantaranya adalah Indonesia. Namun, belakangan perusahaan tersebeut mengalami kerugian operasi yang tinggi.

Ekspansi Ke Asia Tenggara, Alibaba Resmi Akuisis Lazada Setelah Gelontorkan Dana USD $1 Miliar Lebih !

Sedangkan sebagai informasi, Lazada merupakan perusahaan yang didirikannya oleh Rocket Internet pada tahun 2012 silam. Lazada sendiri didirikan bertujuan untuyk menyasak pasaran Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Filiphina, Singapura, Thailand serta Vietnam. Bahkan menurut Kinnevik, nilai Lazada sendiri kini kabarnya telah mencapai angka USD 1,5 Miliar.

Kesempatan yang terjadi tersebut juga mencangkup pilihan bagi Alibaba untuk membeli saham yang tersisa di Lazada dengan jangka waktu 12 hingga 18 bulan setelah kesepakatan ini diselesaikan. Di Indonesia sendiri, Lazada memang cukup terkenal mempunyai nama besar yang bersaing ketat dengan Tokopedia serta Matahari Mall untuk menghadirkan produk dan jasa yang serupa.

Selain itu, langkah yang diambil Alibaba tersebut juga mencerminkan upaya raksasa e-commerce Negeri Tirai Bambu tersebut dalam melakukan ekspansi ke Asia Tenggara.

Baca Juga : Infinix Hot 3 Resmi Diluncurkan, Harga Terjangkau Spesifikasi Menawan, Langsung Cek Di Lazada Ya Guys !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here