Enkripsi Diperketat, WhatsApp Ternyata Masih Bisa Di Bobol !

0
1809
Enkripsi Diperketat, WhatsApp Ternyata Masih Bisa Di Bobol !

Wow, Setelah Perketat Enkripsi WhatsApp Masih Bisa Di Jebol ?

Smeaker.comSalah satu aplikasi perpesanan instan yang kini memang menjadi salah satu yang terbaik serta banyak digunakan, yakni WhatsApp. Belakangan memang santer terdengar jika mereka tengah melakukan perkembangan serta menambahkan enkripsi agar obrolan yang dilakukan antar penggunanya dapat terlindungi.

Seperti yang diketahui, teknologi enkripsi tersebut sendiri setidaknya dalam satu tahun terakhir memang terbilang cukup menjadi tren. Hal tersebut secara langsung berhubungan dengan kasus peretasan yang bahkan diketahui mulai menyerang korporasi multinasional.

Sebelumnya, pada penjelasan resminya pihak WhatsApp mengatakan jika proteksi yang dikembangkannya adalah merupakan protokol enkripsi end-to-end. Fitur tersebut bertujuan untuk mengamankan pesan yang dikirim para penggunanya agar tidak dapat diketahui pihak ketiga, bahkan termasuk pihak WhatsApp sebagai pengembangnya sekalipun.

Komentar pun melayang dari mantan ketua tim pengamanan IT Kepresidenan, Pranata Persadha. Ia menyebutkan jika teknologi enkripsi yang dikembangkan WhatsApp tesrebut belumlah sepenuhnya aman. Pendiri lembaga riset keamanan cyber CISSRec (Communication and Information System Security Research Center) tersebut mengatakan jika sejumlah hal masih harus lebih diperhatikan oleh WhatsApp.

Enkripsi Diperketat, WhatsApp Ternyata Masih Bisa Di Bobol !

Hal tersebut seperti yang diungkapkannya kepada media, dalam penuturannya tersebut ia mengatakan apakah pertukaran kuncinya masih bersifat plain atau tidak. WhatsApp juga perlu memperhatikan tentang adanya potensi man in the middle attack yang juga masih akan dapat mencuri informasi.

Pranata menyebutkan jika seharusnya akan menjadi lebih aman lagi jika menggunakan algoritma enkripsi yang sudah dibuat atau dikembangkan  secara pribadi. Jikapun masih menggunakan algoritma enkripsi oper source, ia mengatakan untuk diubah lagi untuk lebih diperkuat.

Menurut Pranata, server WhatsApp yang berada di Amerika Serikat tersebut juga patut menjadi pertimbangan. Berdasarkan pengalaman, National Security Agency (NSA) juga mempunyai kemampuan untuk membuka semua kunci enkripsi. Hal tersebut menurutnya menjadikan kita tak perlu khawatir berlebihan mengenai WhatsApp yang mungkin saja akan dapat digunakan untuk tindakan kejahatan seperti tindak terorisme.

Baca Juga : Selain Bisa Cetak Tebal Miring Kini WhatsApp Lengkapi Fitur Pengamanan Saat Bercakap Cakap Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here