Caroline Herschel Hadir Warnai Google Doodle Hari Ini, Sosok Wanita Astronom Yang Menemukan Beberapa Komet !

0
890
Caroline Herschel Hadir Warnai Google Doodle Hari Ini, Sosok Wanita Astronom Yang Menemukan Beberapa Komet !

Siapa Tokoh Yang Menghiasi Google Doodle Hari Ini ? Berikut Sedikit Tentang Caroline Herschel

Smeaker.comCaroline Lucretia Herschel, adalah nama lengkap dari seorang perempuan yang pada hari ini menjadi icon pada Google Doodle. Caroline Herschel lahir di kota Hanover pada 16 Maret 1750 silam. Terlahir sebagai sosok penting dalam dunia astronomi, pada tanggal 16 Maret 2016 Google Doodle pun merayakan hari kelahiran Caroline Herschel yang ke 266 Tahun.

Gambar Google Doodle yang dipasang pun bukan gambar biasa, melainkan gambar yang dapat bergerak layaknya gambar gif. Caroline Herschel merupakan seorang astronom yang terkenal di dunia, beliau adalah wanita Jerman yang menjadi astronom setelah sebelumnya sang kakak Sir William Herschel yang juga seorang astronom terkenal.

Sebagai seorang astronom, Caroline Herschel telah berhasil menemukan sejumlah komet. Salah satunya yang menjadi penemuannya yang paling penting adalah komet 35P periodik atau yang dikenal dengan nama Herschel-Rigollet. Dimana nama komet tersebut pun dengan menyandang nama keluarganya, Herschel.

Caroline Herschel Hadir Warnai Google Doodle Hari Ini, Sosok Wanita Astronom Yang Menemukan Beberapa Komet !

Caroline Herschel merupakan wanita astronom pertama yang diberikan bayaran atas kontribusinya untuk ilmu pengetahuan alam (sains). Dalam bayarannya tersebut Caroline Herschel mendapatkan penghargaan Gold Medal yang didapatkannya dari Royal Astronomical Society pada tahun 1828 silam. Bukan hanya itu, penghargaan lainnya pun di dapatkan Caroline Herschel pada tahun 1835 berupa diberikannya nama Anggota Kehormatan Royal Astronomical Society.

Caroline Herschel merupakan anak ke 5 sekaligus putri keempat dari pasangan Ishak Herschel dan istrinya, Anna Ilse Moritzen. Pada usia 10 tahun, Caroline Herschel diketahui menyandang penyakit tifus yang akhirnya menghambat pertumbuhannya. Sang ibu pun menganggap Caroline Herschel tidak akan pernah bisa menikah ibunya merasa jika yang terbaik bagi Caroline Herschel saat itu adalah melatihnya menjadi pembantu rumah tangga.

Sang ayah yang menginginkan Caroline Herschel mendapatkan pendidikan namun dilarang sang ibu pun akhirnya mengambil kesempatan kala ibunya absen mengajarinya secara langsung. Sang ayah pun mengikutkan Caroline Herschel dalam pelajaran yang dijanai kakaknya. Sejak saat itu, Caroline Herschel pun mengabdikan dirinya untuk dunia astronomi, ia juga membantu kakaknya Sir William Herschel untuk menciptakan reflecting teleskop.

Baca Juga : [Google Doodle] Hari Perempuan Internasional Diperingati Google Dengan Tampilkan Video Unik Dibalik Sisi Lembut Seorang Perempuan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here