[Google Doodle] Hari Perempuan Internasional Diperingati Google Dengan Tampilkan Video Unik Dibalik Sisi Lembut Seorang Perempuan !

0
1086
[Google Doodle] Hari Perempuan Internasional Diperingati Google Dengan Tampilkan Video Unik Dibalik Sisi Lembut Seorang Perempuan !

Google Doodle Hari ini ! Peringatan Hari Perempuan Internasional !

Smeaker.comHari ini, Selasa 8 Maret 2016, Google kembali memberikan sebuah apresiasi pada logo yang dipasangnya dihalaman utama. Hari, Google memperigati Hari Perempuan Internasional yang  jatuh pada tanggal 8 Maret. Jika kita membuka halaman pertama dari mesin pencari tersebut, kita akan menemukan gambar animasi yang dimana di dalam terdapat berbagai wanita dari penjuruh dunia.

Yang lebih menariknya lagi, pada bagian huruf ketiga dari kata ‘Google’ tepatnya pada huruf ‘O’, Google menyelipkan sebuah video yang akan ditampilkan jika anda klik. Dalam video itu tampak berbagai aktivitas yang dilakukan perempuan di seluruh dunia dengan didampingi animasi yang menarik.

Setelah anda selesai memutar video yang diberikan Google tersebut,  anda akan langsung dialihkan kepada halaman pencarian tentang ‘Hari Perempuan Internasional’. Hari Perempuan Internasional atau yang banyak diketahui sebagai International Women’s Day, diperingati setiap tanggal 8 Maret atas keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik, serta Sosial.

Seperti yang diketahui, Hari Perempuan Internasional sendiri pertama kali muncul di abad ke-20. Kala itu tengah terjadi gelombang industrialisasi serta ekspansi ekonomi yang akhirnya menimbulkan protes-protes terkait dengan kondisi kerja. Puncaknya, tepat terjadi di New York City pada tanggal 8 Maret 1857 silam. Kaum perempuan dari sebuah pabrik pakaian serta tekstil meluncurkan protes.

[Google Doodle] Hari Perempuan Internasional Diperingati Google Dengan Tampilkan Video Unik Dibalik Sisi Lembut Seorang Perempuan !

Protes tersebut terjadi dikarenakan para buruh garmen tersebut merasa kondisi kerja yang mereka lakukan sangatlah buruk serta dengan tingkat upah kerja yang sangat rendah. Akhirnya, para pengujuk rasa tersebut mendapatkan balasan serangan dari pihak kepolisisan dan dibubarkan. Dua tahun kemudian, dibulan yang sama kamu perempuan akhirnya membentuk serikat buruh mereka.

Peristiwa lainnya yang tak kalah pentingnya adalah insiden kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist yang terjadi di New York pada tahun 1911 silam. Insiden tersebut mengakibatkan setidaknya 140 orang perempuan kehilangan nyawanya. Insiden itu pun akhirnya menjadi salah satu peristiwa penting di peringatan Hari Perempuan Internasional.

Di belahan dunia bagian Barat, Hari Perempuan Internasional  sebenarnya telah diperingati pada sekitar tahun 1910-an dan 1920-an. Setelah sekian lama menghilang, peringatan tersebut kembali mencuat dengan bangkitnya feminism pada tahun 1960-an silam. Dan akhirnya pada tahun 1975, PBB meluai mensponsori peringatan Hari Perempuan Internasional.

Baca Juga : [Google Doodle] Mengenal Siapakah Sosok Georges Perec Yang Diperingati Google Hari Ini, Siapakah Dia  ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here