Sambut Gerhana Matahari Total 2016, Menkominfo Minta Semua Operator Bersiap Diri !

0
1979
Sambut Gerhana Matahari Total 2016, Menkominfo Minta Semua Operator Bersiap Diri !

Sambut Gerhana Matahari Total 2016, Menkominfo Minta Semua Operator Bersiap Diri !

Smeaker.comMenjelang terjadinya fenomena alam Gerhana Matahari Total 2016 yang diprediksi akan jatuh pada tanggal 9 Maret mendatang. Rudiantara selaku  Menteri Komunikasi dan Informatika meminta agar para operator seluler menyiapkan jaringannya. Hal tersebut dinyatakan Rudiantara atas dasar adanya kemungkinan terjadinya lonjakan tarif komunikasi atau data yang akan terjadi pada titik tertentu.

Hal tersebut seperti yang diungkapkannya kala dikonfirmasi media usai penandatanganan perjanjian kerjasama Palapa Ring Paket Tengah yang digelar di Gedung Kementerian keuangan, Jakarta pada Jum’at (4/3) lalu. Dalam keterangannya, ia mengatakan jika pihaknya telah memberikan kabar kepada para operator untuk bersiap-siap menjelang terjadinya Gerhana Matahari Total 2016 pada tanggal 9 Maret mendatang.

Dalam keterangannya tersebut ia juga menambahkan jika sejumlah operator yang kini tengah menyiapkan diri antara lain adalah Indosat, Telkomsel serta XL Axiata. Upaya yang dilakukan Telkomsel antara lain adalah dengan telah mengirimkan belasan Base Transceiver Station (BTS) tambahan di Belitung.

Sambut Gerhana Matahari Total 2016, Menkominfo Minta Semua Operator Bersiap Diri !

Begitu pula dengan XL Axiata yang juga telah menyiapkan hal serupa, sedangkan operator Indosat kabarnya telah menyiapkan kapasitas jaringan diseluruh wilayah operasionalnya. Persiapan tersebut untuk menanggulangi kejadian ketika Gerhana Matahari Total 2016 terjadi, tentu akan banyak orang yang melakukan kegiatan meng-upload foto atau konten secara bersamaan.

Dengan mempersiapkan kapasitas serta Jumlah BTS tambahan sebagai penopang, diharapkan lonjakan komunikasi yang akan terjadi tiak akan banyak berdampak pada gangguan layanan internet yang mungkin saja terjadi.

Selain persiapan tersebut, Rudiantara juga mengisyaratkan aka nada sejumlah operator telekomunikasi yang rencananya akan meluncurkan jaringan 4G LTE. Momen peluncuran tersebut dipilih karena dengan bertepatan dengan terjadinya fenomena Gerhana Matahari Total 2016 yang memang langka.

Gerhana Matahari Total 2016 kali ini sendiri kabarnya memang akan dapat disaksikan dari sejumlah wilayah Indonesia. Wilayah tersebut antara lain adalah Palembang, Ternate, Tidore serta Halmahera.

Baca Juga : Berita Terkini : Gong Xi Fa Cai ! Inilah DP BBM Imlek 2016 Dan Foto Profil FB Yang Bikin Kamu Makin Kekinian, Pasang Ya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here