Karena Alasan Ini. . .Kominfo Batal Blokir Tumblr ?

0
772
Tumblr

Alasan Kominfo Batal Blokir Situs Tumblr

Smeaker.com Baru-baru ini Indonesia digegerkan dengan berita akan diblokirnya situs Tumblr oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), karena situr tersebut mengandung konten LGBT dan gambar tidak senonoh.

Namun tampaknya pemblokiran tersebut batal dikalukan oleh Kominfo. Ada 477 situs yang mengandung unsur p*rno, salah satu diantaranya adalah situs Tumblr yang akan diblokir.

Pihak Kominfo menyampaikan ada poin-poin penting yang perlu ditegaskan ulang untuk menjelaskan masalah yang sedang terjadi. Adapun poin-poin tersebut diantaranya berisi ;

Kekarasan pada anak, panel p***grafi serta keamanan internet yang sidang menemukan unsur gambar tidak senonoh di beberapa situs terlapor dari 477 situs dan salah satunya adalah Tumblr.

Tidak semua konten Tumblr mengandung gambar tidak sopan, jadi tidak memungkinkan operator atau ISP (Internet Service Provider) melakukan pemblokiran per akun. Panel telah meminta Tumblr melakukan penyesuaian konten agar senada dengan norma yang ada di masayarakat.

Pihak terkait mengirimkan surat pada Tumblr supaya segera melakukan self-censorship pada konten berbau p**no. Panel juga akan mengadakan rapat lanjutan untuk melakukan evaluasi sampai mana hasil kesepakatan. Untuk hasilnya akan diserahkan ke Kominfo dan akan dipertimbangkan kemudian mengambil keputusan.

Tumblr

Dengan demikian masih ada kemungkinan Tumblr tidak akan diblokir oleh Kominfo, jika memang Tumblr mau menyesuaikan konten yang ada dan memberantas semua konten berbau p**no pada layanannya tersebut.

Bicara soal Tumblr, Tumblr merupakan sebuah situs yang didirikan oleh seorang pengusaha internet muda David Karp di tahun 2007. Tapi belakang ini Tumblr diakuisisi Yahoo dengan harga yang cukup fantastis yakni 10 Tirilliu rupiah.

Tumblr adalah salah satu platform yang memiliki kemiripan dengan Twitter sehingga memungkinkan para pengguna dapat berbagi beragam jenis postingan baik dalam bentuk teks, foto, GIF, video, tautan ataupun quote.

Jika Twitter memiliki re-tweet untuk membagikan ulang postingan, Tumblr memiliki re-blog. Namun Tumblr tidak mempunyai batas kata 150 karakter seperti Twitter.

Baca Juga : Registrasi Kartu SIM Sesuai Aturan Baru Kemenkominfo ! Begini Caranya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY