Google Play Store Kamu Sering Bermasalah/Hang, Begini Cara Jitu Mengatasinya !

0
8825
Play Store

Cara Mengatasi Play Store Yang Sering Hang

Smeaker.com – Toko aplikasi Play Store adalah salah satu aplikasi bawaan smarthone Android. Play Store memiliki peran sangat penting dan wajib ada di smartphone Android, karena jika Anda ingin mendownload aplikasi pasti akan lewat Play Store.

Terkadang Play Store dalam smartphone Android juga pernah mengalami masalah seperti berhenti secara tiba-tiba atau tanpa diduga dan tidak dapat bekerja bahkan tidak dapat dibuka. Untuk mengatasi hal tersebut kali ini tim smeaker.com akan berbagi tips dan trik yang bisa dicoba untuk mengatasi Play Store yang sedang bermasalah.

Restart Hp Android

Dengan me-restart Hp Android dapat meyelesaikan beberapa masalah sekaligus seperti saat Hp sedang hang ataupun Play Store sedang ada gangguan.

Tutup Play Store Secara Paksa

Salah satu hal yang paling mudah adalah dengan menutup aplikasi Play Store secara paksa. Caranya pergi ke menu Pengaturan > Atur Aplikasi > Pilih Tab Berjalan > Lalu Cari Layanan Google Play Store > Kemudian Klik Berhenti.

Hapus Cache/Memori Google Play Store

Cache sangat membantu karena dapat membuat ponsel mengurangi penggunaan dan mempercepat waktu muat, tapi terkadang data yang diunduh saat mengakses aplikasi tidak terlalu berguna. Caran untuk menghapus memori cache Play Store, pergi ke menu Pengaturan > Aplikasi > Atur Aplikasi > Pilih Tab Semua > Cari Google Play Store > Lalu Hapus Memori.

Hapus Data di Play Store

Jika langkah cache tidak berhasil, cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan menghapus data yang ada di Play Store. Cara untuk menghapus data tidak jauh berbeda dengan cara menghapus cache atau memori di Play Store. Caranya klik Pengaturan > Aplikasi > Atur Aplikasi > Pilih Google Play Store > Klik Hapus Data.

Play Store

Cek Aplikasi yang Diblokir

Terjadinya masalah pada Play Store mungkin ada salah satu aplikasi yang diblokir, mungkin karena sistemnya tidak bekerja semestinya. Cara memeriksa aplikasi yang diblokir, buka menu Pengaturan > Aplikasi > Pilih Semua > Cari Aplikasi yang dalam keadaaan disable, kalau ada tinggal aktifkan kembali aplikasi tersebut.

Itu tadi adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba untuk mengatasi Play Store yang bermasalah, jika beberapa cara diatas masih belum berhasil juga maka Anda perlu menghapus Google Play Store tersebut.

Namun karena aplikasi Play Store merupakan aplikasi bawaan jadi kita hanya bisamenghapus pembaruan dan membuat Play Store ke versi lama. Caranya, pergi ke menu Pengaturan > Pilih Opsi Aplikasi > Cari Google Play Store > Lalu Klik Hapus Instalan Pembaruan.

Baca Juga : Cara Install Ulang Google Play Store Android yang Terhapus, Begini Caranya.!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here