Tips Mencegah Pengaruh ISIS di Sosmed “FB, Instagram dan Twitter”

0
2142
Sosial Media

Aktif di Sosial Media ? Berikut Tips Agar Tidak Terpengaruh Kelompok Organisasi ISIS di Sosmed

Smeaker.com – Sosial media yang semakin berkembang dan beragam kini mulai disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Baru-baru ini yang juga masih hangat diperbincangkan oleh masyarakat luas adalah pemblokiran situs atau blog serta sosial media yang mengandung unsur radikal.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengambil tindakan cepat dengan memblokir setidaknya 11 situs, beberapa akun FB (Facebook) dan Twitter yang mengandung unsur radikal.

Dari pemblokiran situs serta sosial media tersebut, dapat dipastikan bahwa internet adalah salah satu cara yang dilakukan oleh kelompok organisasi tertentu seperti ISIS dan Gafatar untuk mengajak masyarakat bergabung dengan kelompok mereka.

Tidak dapat dipungkiri saat ini internet semakin mudah bisa diakses, hal ini yang membuat kelompok-kelompok seperti ISIS memilih sosial media dan situs sebagai salah satu sarana untuk menyebarkan ajakan.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membentengi diri agar tidak mudah terpengaruh dengan ISIS, Gafatar maupun kelompok lainya saat kita menggunakan sosial media.

Sosial Media

Salah satu hal yang perlu kita perhatikan adalah jangan sampai mempublikasikan informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat rumah dan email dalam akun sosial media baik, di FB (Facebook), Twitter, Instagram dan lainya.

Jikalau nomor telepon sampai tersebar didunia maya bisa jadi disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Begitu juga dengan alamat email kita yang tersebar bisa disalahgunakan untuk mendaftar ke situs dengan konten negatif.

Biasanya kita sering membagikan informasi pribadi di sosial media Facebook (FB) dan Twitter. Facebook memiliki fitur pesan yang dapat digunakan untuk saling mengirim pesan antar pengguna FB meski masih belum berteman dan tidak akan terlihat di dinding FB. Twitter di kalim lebih aman, meskipun memiliki fitur DM (Direct Message) yang dapat digunakan untuk kirim pesan , dimana kedua penggna Twitter harus saling Follow.

Hal terakhir yang perlu kita perhatikan dalam menggunakan sosial media adalah memperhatikan kebijakan privasi media sosial yang kita gunakan. Dalam sosial media tersebut seharusnya bisa diketahui informasi pribadi apa saja yang akan disebar luaskan, dan digunakan untuk apa.

Baca Juga : Registrasi Kartu SIM Sesuai Aturan Baru Kemenkominfo ! Begini Caranya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here