Registrasi Kartu SIM Sesuai Aturan Baru Kemenkominfo ! Begini Caranya

0
3777
Cara Registrasi Kartu SIM Sesuai Aturan Baru Kemenkominfo

Cara Registrasi Kartu SIM Sesuai Aturan Baru Kemenkominfo

Smeaker.com Mulai Desember 2015 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah resmi menjalankan peraturan baru berkaitan dengan registrasi kartu perdana prabayar bagi para pembeli.

Seperti sudah sempat dibahas sebelumnya bahwa Kemenkominfo tengah membuat kebijakan baru mengenai cara registrasi kartu perdana prabayar yang harus menggunakan kartu identas. Kewajiban mengenai registrasi Kartu SIM atau perdanaprabayar ini sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 23/Kemenkominfo/10/2015.

Sistem baru saat melakukan registrasi kartu perdana prabayar adalah si penjual yang harus melakukan registrasi dengan menggunakan identitas pembeli saat melakukan pembelian kartu sim.

Saya sendiri pernah mendapatkan SMS dari Kominfo 18 Desember 2015 lalu yang isinya “Tunjukkan kartu identitas asli (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar) untuk pengaktifkan kartu perdana seluler yang anda beli oleh penjual.”

SMS Kominfo Mengenai Registrasi Kartu SIM

Namun para pelanggan tidak perlu khawatir karena data pelanggan tidak akan disimpan oleh penjual kartu prabayar melainkan disimpan oleh operator yang mengeluarkan kartu perdana tersebut.

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi agar tidak ada lagi namanya penipuan yang terjadi melalui telepon ataupun sms spam yang selama cukup merisaukan para pengguna karu sim. Pada ulasan kali ini tim smeaker.com akan berbagi informasi mengenai Cara Registrasi Kartu SIM Sesuai Aturan Baru Kemenkominfo, untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah berikut.

Pertama para pelanggan wajib membawa kartu identitas baik KTP, SIM maupun Kartu Pelajar saat melakukan pembelian kartu perdana seluler. Selanjutnya registrasi akan dilakukan oleh penjual Kartu SIM yang telah resmi mendapatkan identitas dari operator sebagai penjual.

Kemudian pelanggan wajib menunjukkan tanda pengenal asli dan penjual akan melakukan pendataan nomor identitas, nama lengkap, tempat tanggal lahir dan alamat rumah. Kartu SIM perdana prabayar akan dilakukan penjual dan nomor bisa dipakai.

Dengan adanya registrasi yang sudah tersistem tersebut akan membuat Kemenkominfo bisa mengetahui jika ada tindak pidana seperti penipuan yang dilakukan melalui nomot telepon karena Kemenkominfo sudah bisa melacak nomor dengan identitas (baik identitas penjual maupun pembeli) saat melakukan registrasi Kartu SIM Registrasi.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan :

  1. Pastikan tanda pengenal Anda tidak fi fotokopi oleh petugas outlet.
  2. Registrasi kartu perdana wajib dilakukan oleh penjual di outlet resmi.
  3. Outlet resmi adalah outlet yang sudah terdaftar di penyelenggara layanan telekomunikasi dan memiliki ID.
  4. Registrasi kartu perdana wajib dilaksanakan secara nasional mulai tanggal 15 Desember 2015.

Baca Juga : Ini Cara Mengetahui Akun Facebook Kamu Pernah di Hack ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here