Karena Blokir Twitter dan Skype, Negara Ini Tak Bisa Akses Internet ! Kok Bisa ?

0
833
Media Sosial

Karena Blokir Twitter dan Skype, Negara Ini Tak Bisa Akses Internet

Smeaker.com Saat ini akses internet memang bisa jadi dikatakan sebagai kebutuhan primer, terutama bagi mereka yang harus berkerja dengan bantuan akses internet. Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini membuat akses internet menjadi salah satu kebutuhan, entah untuk berkomunikasi ataupun untuk bekerja.

Tidak bisa dibayangkan bila sebuah negara tidak bisa mengakses internet.  Seperti saat ini komunikasi yang paling mudah dilakukan lintas negara yaitu hanya dengan bantuan akses internet dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Skype dan lain sebagainya. Lalu bagaimana jadinya jika sebuah negara tidak bisa mengakses internet atau akses internet terputus ?

Rabu, 18 November lalu pemerintah Bangladesh telah mengumumkan bahwa akses kepada aplikasi Facebook, WhatsApp dan juga Viber diblokir karena keputusan mahkamah Agung mengenai penegakan hukuman mati terhadap dua orang terdakwa penjahat perang.

Namun larangan untuk Facebook telah dicabut karena para pemilik bisnis mengungkapkan bahwa langkah atas pemblokiran Facebook tersebut nantinya akan mempengaruhi keuntungan mereka, itulah kenapa pemblokiran tersebut dicabut.

Media Sosial

Di bulan november tersebut pemerintah mengklaim tidak sengaja menutup internet kurang lebih selama 75 menit dikarenakan sebuah kekeliruan. Komisi pengatur telekomunikasi secara tidak sengaja telah memotong seluruh akses internet di seluruh negara tersebut.

Setelah sebelumnya Negara Bangladesh memutus akses publik untuk layanan aplikasi WhatsApp dan Viber. Pemerintah Bangladesh pun juga memblokir dua media sosial lain yaitu Twitter dan Skype. Hal ini dilakukan oleh pihak pemerintahan sebagai langkah untuk memperluas pelarangan seputar layanan aplikasi berbagi pesan yang dikeluarkan bulan lalu.

Larangan tersebut awal mulanya diterapkan atas dasar keamanan setelah ada dua pemimpin oposisi digantung karena kejahatan perang yang telah dilakukan pada tahun 1971.

Kenapa hal ini diambil pemerintahan karena pemerintah khawatir jika layanan seperti Twitter dan Skype tersebut akan digunakan untuk mengerahkan pengunjuk rasa pendukung pihak oposisi.

Baca Juga : Daftar Sosial Media Terpopuler 2015 ! Facebook (FB) Berjaya di Posisi Pertama, Bagaimana Dengan Instagram dan Twitter ?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY