Gegara Iklan Junk Food, YouTube Kids Langsung Kena Kritik ! Apa Alasanya ?

0
4955
YouTube

YouTube Kids Kena Kritik Karena Iklan Junk Food

Smeaker.com – YouTube Kids sebagai salah satu media video online yang diperuntukan untuk anak-anak baru-baru ini mendapatkan kritik atau komplain dari beberapa grup. Hal ini dikarenakan YouTube Kids menayangkan iklan junk food.

Ada beberapa grup mengklaim bahwa layanan YouTube Kids terlalu banyak menunjukan iklan junk food yang tidak baik untuk anak-anak. Kampanye untuk Anak Bebas Komersial dan Pusat Digital Demokrasi telah menyatakan bahwasanya mereka menemukan ratusan video komersil dan video promosi produk junk food seperti Hershey, Coca-cola dan Nestle. Produk junk food seperti tentu tidak baik untuk anak-anak.

Komplai grup tersebut kepada YouTube Kids, yakni meminta supaya Komisi Perdagangan Federal untuk segera menyelidiki YouTube Kids.

Seperti dilansir dari Okezone, CCFC Josh Golin mengungkapkan, “Jauh dari tempat yang aman bagi anak-anak untuk mengeksplorasi, YouTube Kids dibanjiri dengan pemasaran makanan dan minuman yang tidak akan Anda temukan pada platform media lainya untuk anak-anak”.

Namun layanan video tersebut menyangkal dengan kritikan yang dilayangkan oleh grup tersebut. Mereka mengungkapkan bahwa semua iklan yang muncul di video YouTube telah disetujui oleh tim kebijakanYouTube untuk dipastikan bahwa mereka telah mematuhi standart perusahaan. Standart perusahaan adalah melarang adanya tampilan iklan makanan dan minuman.

YouTube Kids Kena Kritik Karena Iklan Junk Food

Namun dalam komplain yang diajukan oleh grup tersebut menunjukan sebuah screenchot iklan Hershey Kisses, Pop Tart dan Nutella.

Menanggapi komplain tersebut juru bicara YouTube mengatakan bahwa YouTube Kids telah melarang iklan berbayar untuk smeua mereka makanan dan minuman. Pihak YouTube juga meminta kepada para pengguna YouTube agar segera menghintikan video yang berisi produk atau intensif dukungan dan mengecualikan mereka aplikasi video YouTube Kids.

YouTube Kids memang berisi mengenai berbagai macam konten termasuk juga video betemakan makanan, namun itu bukan iklan berbayar, itulah hal yang dipertegas oleh juru bicara YouTube.

Makanan junk food memang tidak baik untuk anak-anak, maka sebaiknya pihak YouTube juga lebih teliti lagi mengenai iklan untuk YouTube Kids.

Baca Juga : Wow, Sekarang Nonton Video Youtube Tak Perlu Pakai Internet Lho, Kok Bisa ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here