[Google Doodle] Google Ikut Merayakan Hari Guru Nasional, Inilah Makna Penting Dibalik Peringatan 25 November Tersebut !

0
1811
hari guru
google doodle ikut merayakan hari guru nasional

Memperingati 70 Tahun Lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

Smeaker.comHari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah.

Di Indonesia sendiri penetapan tanggal 25 November sebagai Hari Guru didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Tanggal ini bertepatan dengan pembentukan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945.

Seberapa Pentingkah Hari Guru Pada Zaman Modern Seperti Saat Ini ?

Seperti kita ketahui GURU pada jaman Penjajahan adalah sosok orang yang sangat dikagumi sekaligus sangat dihormati, sebab GURU pada jaman dahulu beliau tidak pantang menyerah untuk terus mendidik para muridnya agar bisa menggapai cita-cita yang diinginkannya kelak.

hari guru 1

Namun pada jaman modern seperti ini profesi guru sering dianggap sebagai ajang gengsi bahkan sampai dijadikan mencari untung sendiri. Masih teringat dalam ingatan saya beberapa tahun yang lalu pada saat saya masih duduk dibangku SMA.

Saya (sebut saja namanya Anto) dan teman satu kelas saya, saling bertanya “Mau masuk bidang apa nanti kamu kuliah?” Jelas jawaban dari teman kalian sangat, ada yang mau masuk Teknik, Kesehatan, Ekonomi, Sosial, Politik, Hukum, Sastra, Pertahanan dan lain sebagainya.

Dari kebanyakan jawaban teman saya tadi, hampir kebanyakan teman saya mau masuk bidang Pendidikan, ketika saya tanya balik “kenapa kamu pengen jadi guru?” salah satu teman saya dengan kepolosan putih abu-abunya menjawab “gaji guru sekarang besar (ada sertifikasinya juga), terus kerjanya ya cuma ngajar nggak terlalu capek dan nggak terlalu beresiko” pikir saya kala itu “iya juga ya?”.

Dan Bagaimana Sejarah Hari Guru Pada Saat Awal Pembentukan ya…?

Pada masa pemerintahan Belanda kaum guru membentuk sebuah organisasi yang dinamai Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi yang dibentuk tahun 1912 tersebut anggotanya terdiri dari para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah.

hari guru 2

Dua dekade berselang, nama PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Namun, semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjadi dasar PGI untuk menggelar Kongres Guru Indonesia pada 24–25 November 1945 di Surakarta.

Mereka adalah guru yang aktif mengajar, pensiunan, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk. Di dalam kongres inilah, tepatnya pada 25 November 1945, PGRI didirikan.

Dan pada tahun 2015 ini merupakan 70 Tahun Berdirinya PGRI. Dan lagu yang tepat untuk dikumandangkan pada saat Hari Guru (PGRI) yaitu lagu ciptaan Sartono yang diciptakan pada tahun 1980-an yang beliau beri judul “Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”.

Baca Juga : [Google Doodle] Peringati Hari Ayah Nasional 12 November, Begini Sejarah Untuk Hari Ayah !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here