Wow, Sekarang Nonton Video Youtube Tak Perlu Pakai Internet Lho, Kok Bisa ?

0
15419
YouTube

Apakah keunggulan Youtube Offline Dan Opera Max Yang Mereka Perkenalkan

Smeaker.com – Google akhirnya memperkenalkan pemutaran video secara offline bagi pecinta aplikasi YouTube khususnya di smartphone Android. Kemampuan memutar video tanpa koneksi internet tersebut baru dapat diakses di Indonesia, India, dan Filipina.

Menurut postingan di blog resmi Google Asia Pasifik yang diunggah upaya tersebut dilakukan untuk memperbanyak konten-konten populer YouTube di ketiga negara tersebut, tanpa koneksi internet.

Pada prinsipnya, YouTube akan menyimpan file cached dari video tersebut saat pengguna masih terhubung dengan internet.

Video tersebut bisa disimpan dalam perangkat Android tanpa harus mendownloanya terlebih dahulu selama 48 jam untuk diputar secara offline, sehingga pengguna tetap bisa menikmati video walau offline.

Video-video yang mendukung pemutaran offline akan ditandai dengan ikon khusus yang begitu di-tap, akan menawarkan pilihan kualitas pemutaran video yang bisa dipilih untuk disimpan.

Menurut Google, negara-negara Indonesia, India, dan Filipina dipilih karena ketiganya dianggap memiliki peranan penting dalam hal mobile internet.

Selain itu, tiga negara tersebut, masih sedikit yang berlangganan data dalam jumlah besar, dan koneksi internet yang belum merata.

“Asia membuktikan dirinya sebagai dunia yang sangat mobile dalam hal adopsi smartphone, namun akses data yang kencang dan terjangkau masih menjadi tantangan di wilayah tersebut,” ujar Google dalam postingan blog-nya.

Karena itulah Google mencari cara untuk mengatasi kendala tersebut bagi penggunanya di negara-negara yang memiliki akses terbatas.

youtube 5

Cara Hemat Versi Opera

Perusahaan pembuat browser, Opera menargetkan, manajemen data miliknya Opera Max digunakan 100 juta ponsel Android pada tahun 2017.

Saat ini, sudah ada lebih dari 14 produsen smartphone, termasuk Samsung dan Xiaomi yang menggunakan Opera Max.

Opera tengah menjalin kerjasama baru dengan produsen smartphone di asia, seperti Acer, Hisense, dan TWZ, Opera untuk memenuhi Opera Max diklaim mampu menawarkan penghematan paket data bagi para pengguna ponsel sebanyak 50 persen.

Pengguna smartphone yang juga penggemar berat Instagram, YouTube ataupun Netflix dapat menghemat hingga 60 persen dari jumlah data yang biasa digunakan untuk aplikasi-aplikasi ini tanpa menemukan penurunan kualitas.

Sergey Lossev, Product Manager Opera Max mengatakan, Pengguna internet dengan ponsel memiliki kekhawatiran kehabisan paket data. Opera Max mengurangi hambatan mengakses internet dengan menyediakan solusi optimisasi data.

Baca Juga : Fitur Terbaru Dari Youtube Yaitu Youtube Music Yang Bisa Diunduh Dengan Gratis !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here