Google Doodle Hari Ini ! Rayakan Ulang Tahun ‘Sang Ahli Matematika’ George Boole ke-200

0
1538
Google Doodle Hari Ini ! Rayakan Ulang Tahun ‘Sang Ahli Matematika’ George Boole ke-200

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun George Boole ke-200

Smeaker.com Mesin pencari raksasa Google memang selalu memberikan kejutan di hari-hari penting. Melalui Google Doodle, Google ikut memperingati dan merayakan hari besar ataupun hari penting lain dengan membuat animasi maupun video pada halaman utama mesin pencari Google.

Tepat hari ini Senin, 2 November 2015 Google Doodle ikut serta merayakan ulang tahun Sang Ahli Matematika George Boole.Dalam Google Doodle tersebut terdapat pula notasi aljabar, jika Google Doodle tersebut di klik, maka akan memberikan tampilan warna yang berubah-ubah pada setiap gambar Google.

Mengenal lebih dalam siapa Sang Ahli Matematika George Boole yang muncul di Google Doodle. George Boole lahir di Inggris pada 2 November 1815 dan menghembuskan nafas terakhir di usia 49 tahun yakni pada tanggal 8 Desember 1864.

George Boole memang pantas disebut dengan Ahli Matematika karena George Boole terkenal sebagai jiwa yang smart dan brilian. George Boole juga banyak membuat buku khusus yang mengulas tentang matematika.

Pada tahun 1854 di usia ke-39, George Boole telah menerbitkan sebuah buku yaitu “An Investigaton of the Laws of Thought”. Jika diartikan buku tersebut berisi mengenai sebuah investigasi mengenai hukum pemikiran.

Google Doodle Hari Ini ! Rayakan Ulang Tahun ‘Sang Ahli Matematika’ George Boole ke-200,

Selama hidupnya, George Boole telah mengembangkan beberapa Postulat / Teori matematika dantaranya adalah lambang K, +, K. K menunjukan himpunan yang tidak bisa ditentukan. Untuk elemen-elemen seperti a, b, c,…, a + b dan a x b dapat disingkat ab merupakan hasil dari dua operasi biner yang tidak bisa ditentukan, +, K.

Ide George Boole  tersebut ada 10 Postulat dengan 8 kategori yaitu

  • Jika a dan b berada dalam satu himpunan K, maka a+b masuk himpunan K
  • Jika ada a dan b berada dalam himpunan K, maka ab masuk himpunan K
  • Terdapat elemen Z maka a + Z = a, berlaku untuk setiap elemen a
  • Terdapat elemen U sehingga aU= a, berlaku untuk setiap elemen a
  • a + b = b + aab = ba
  • a + bc = (a + b)(a+ c)
  • a(b + c) = ab + ac
  • Untuk setiap elemen a terdapat elemen a’ sehingga a + a’ = U dan aa’ = Z
  • Terdapat minimal dua elemen berbeda dalam kelompok K

Semua ide yang sudah dirintis oleh George Boole tersebut masih bisa dikembangkan untuk semua bidang atau ilmu lainnya. Melihat ide brilian yang sudah dikembangkan oleh George Boole, maka sudah sepantasnya kita mengetahui Sang Ahli Matematikan George Boole. Dengan adanya Google Doodle hari yang merayakan Ulang Tahun George Boole, maka akan membuat anak muda saat ini mengetahui sejarah  George Boole .

Baca Juga :  Rayakan Hari Halloween ! Google Doodle Sajikan Game Permen ‘Unik dan Menarik’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here