Wow.! Ini Dia Cara Terbaru FB (Facebook) dan Google Pancarkan Internet Gunakan Laser.!

0
667
Ini Dia Cara Terbaru FB (Facebook) dan Google Pancarkan Internet Gunakan Laser.!

Ini Dia Cara Terbaru FB (Facebook) dan Google Pancarkan Internet Gunakan Laser.!

Smeaker.com – Dalam penelitian untuk memajukan perusahaan teknologi, sinar laser merupakan konektifitas mutakhir yang akan dicoba untuk memancarkan aliran internet pada masa mendatang. Hal ini sudah mulai diuji coba oleh dua perusahaan besar Google dan Facebook.

Dimana google telah dikabarkan telah memakai balon-balon helium yang ditaruh di lapisan Stratosfer guna memberikan layanan akses internet pada daerah-daerah yang sulit terjangkau.

Proyek ujicoba tersebut dinamai “Google Loon”, dengan menggunakan pancaran sinyal radio atau laser dapat dimungkinkan balon dari Google untuk mentransfer data yang ada di wilayah yang sulit terjangkau oleh stasiun penerus yang ada di darat.

Hampir sama dengan Google, pihak FB (Facebook) juga sedang merencanakan untuk meluncurkan pesawat tak berpilot atau yang sering disebut “drone”. Drone tersebut rencananya akan memakai pancaran sinar laser untuk menghubungkan akses internet kecepatan tinggi pada daerah-daerah yang sulit terjangkau.

Drone dari FB (Facebook) itu rencananya akan diterbangkan pada daerah dekat perkotaan dan akan memancarkan sinyal laser untuk terkoneksi dengan internet. Selanjutnya sinyal akan diteruskan ke pesawat lain yang sudah diterbangkan di atas daerah pedesaan atau daerah yang sulit terjangkau internet.

Kepala biro MIT Tech Review,  Tom Simonite menuturkan “Baik Google maupun Facebook berpikir jika mereka dapat menerbangkan pesawat-pesawat ini ke stratosfer, sekitar 20 kilometer di atas Bumi, mereka bisa berfungsi seperti menara transmisi dan menyebarkan koneksi lebih mudah dan tanpa harus bergantung pada listrik dan kabel dan semua hal di darat,”

Wow.! Ini Dia Cara Terbaru FB (Facebook) dan Google Pancarkan Internet Gunakan Laser.!

“Mereka mengklaim memiliki rekor baru dan melakukan pengiriman data laser tercepat,” ujar Simonite. “Dan saya kira ini memperlihatkan bahwa mereka memang serius melakukan ini dan mencoba mendorong teknologi ini ke depan.” Imbuh Tom Simonite.

Dalam ujicoba perusahaan lain, teknologi laser itu dikombinasikan dengan sinyal radio untuk mentransfer data internet yang tidak terputus walaupun dalam keadaan cuaca buruk. Dimana kedua sinyal tersebut akan bekerja secara pararel, sehingga keduanya bisa saling melengkapi kekurangan.

Tapi jika menggunakan keduanya secara pararel dan simultan akan ada batasannya, simonite juga mengatakan “Potensi teknologi laser akan dapat digunakan secara penuh”, seperti pada proyek yang diusung oleh Google dan FB (Facebook).

Baca Juga : Fitur Terbaru Facebook (FB) Instant Articles, Rilis Global di iPhone .!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here