Domain “Dot Bro”, Google dan Mozilla Tolak keras.! Kenapa.?

0
1605
Domain “Dot Bro”, Google dan Mozilla Tolak keras.! Kenapa.....

Kontroversi Domain Dot bro, Google dan Mozilla ikut Tolak Keras, Yuk Simak Informasinya.!

Smeaker.com   – Belum lama ini, terjadi kontroversi dikalangan TI, yakni munculnya domain .bro (“dot bro”). Dengan munculnya domain .bro (“dot bro”) ditolak keras dengan dua perusahaan besar dalam industri dunia maya, yakni mozilla dan google. Kenapa  kedua perusahaan menolak keras?

Mozilla dan google telah bersepakat untuk menolak keberadaan Domain Dot Bro (.bro), pasalnya domian itu memacu sensitive pada kesetaraan gender. Yang mana perempuan akan merasa terintimidasi dan terdiskriminasi dengan adanya domain dot bro tersebut.

Senior Engineer Google Zoltan Szabadka mengatakan, “ domian itu (.broI mempunyai masalah gender, walaupun maknanya tidak semata-mata bertendensi semikian. Lebih baik untuk menghindari domain tersebut.”

Awalnya pro dan kontra terkait domain .bro itu dipicu oleh pihak google yang pertama kali menolaknya, lalu mozilla pun ikut meramaikan penolakan tersebut melalui diskusi panjang pada forum situs bugzilla.

Domain “Dot Bro”, Google dan Mozilla Tolak keras

Pada saat ini diskusi yang berlangsung menyoalkan dot bro berlangsung panas di forum online yang disebut dengan Reddit. Ada pula satu yang membantah bahwa domain dot bro  tidak ada hubungannya dengan diskriminasi terhadap perempuan, karena menurutnya sebutan dot bro (.bro) itu tidak hanya ungkapan untuk teman laki – laki.

Salah satu anggota diskusi menuturkan “ orang – orang yang tersinggung dengan alamat domain dot bro (.bro) itu adalah orang yang mempunyai masalah dengan pikiran mereka, karena dot bro hanya ditunjukkan pada teman lelaki maka yang beranggapan begitu sebaiknya pergi kedokter.”

Berbeda pendapat dengan salah satu anggota, Szabadka menuturkan penyanggahannya. “ saya bertanya kepada teman saya yang hidup di budidaya amerika utara yang juga seorang feminis yang menurutnya dot bro (.bro) harus dilawan.” Tutur Szabadka.

“Mungkin segelintir dari kita menganggap sepele tentang alamat domain dot bro (.bro) dan tidak perlu mendiskusikannya dengan panjang lebar. Bahkan kita juga tidak paham kenapa bisa ada orang yang tersinggung akibat domain tersebut. Dan ternyata banyak kalangan dari mereka yang tersinggung dan mempunyai alasan yang kuat untuk tidak menambahkan domian tersebut (.bro)” imbuh Szabadka.

Saat ini, Domain (.bro) telah diganti dengan domain (.br) untuk meredam sensitivitas beberapa kalangan yang tidak menyetujui dengan adanya domain tersebut. Mozilla dan Google juga menganggap hal itu jalan terbaik untuk menghindari permasalahan.

Baca Juga :  Google Translate (Google Terjemahan) Hadir di iOS, Simak Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here