Wow, Uji Coba 5G Mampu Hasilkan Kecepatan Download 3,6 Gbps..!

0
1252
Wow, Hasil Uji Coba 5G Menghasilkan Kecepatan Download 3,6 Gbps

Hasil Uji Coba Jaringan 5G Mampu 12 kali Lebih Cepat Dibanding 4G LTE

Smeaker.com – Belum juga dapat merasakan kecepatan dari teknologi 4G di seluruh Indonesia, dan mungkin masih sebagian kecil yang dapat menikmatinya, negara lain tepatnya di Tiongkok sudah mengembangkan teknologi jaringan 5G. Pengujian kecepatan teknologi jaringan 5G ini dilakukan oleh vendor Huawei yang bekerjasama dengan NTT DoCoMo.

Dalam pengujian kecepatan tersebut, terdapat 24 perangkat tesambung ke pita subfrekuensi 6GHz. Dimana dalam tes kecepatan download rata-rata diperoleh 1.34 Gbps, sedangkan maksimal download bisa mencapai 3.6 Gbps.

Hasil dari uji coba yang berhasil mencapai kecepatan download maksimal hingga 3,6Gbps ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan maksimal dari jaringan 4G LTE, yang mana jaringan 4G LTE hanya mampu melaju dengan kecepatan maksimal 300 Mbps.

Diperkirakan hasil ujicoba kecepatan jaringan 5G itu dapat bertambah lagi kecepatannya, hal itu disampaikan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang menilai kecepatan maksimal teoritis dari teknologi jaringan 5G seharusnya dapat melaju dengan kecepatan 20Gbps.

Teknologi jaringan generasi yang kelima ini diprediksi akan dapat dinikmati publik dan diresmikan pada tahun 2020 nantinya, hal itu selaras dengan harapan dari Industri nirkabel.

Wow, Hasil Uji Coba 5G Menghasilkan Kecepatan Download 3,6 Gbps

Disamping Huawei dan NTT DoCoMo, terdapat juga vendor lain seperti Verizon, Alcatel-Lucent, Cisco, Ericsson, Nokia, Qualcomm, dan Samsung dikabarkan juga akan mulai mengembangkan teknologi jaringan 5G tahun depan.

Takehiro Nakamura yang merupakan wakil presiden dan direktur pengelola laboratorium 5G NTT DoCoMo menuturkan, “Hal ini sangat menggembirakan karena industri bekerja untuk mengomersialkan 5G tahun 2020 kelak,”. Selebihnya dia menuturkan untuk step selanjutnya ialah melakukan ujicoba lapangan yang deirencanakan digelar di Jepang. Nakamura pun juga menurut pada rencana peluncuran 5G dari International Telecommunications Union (ITU) yang menjadwalkan akan mengomersialkan 5G pada tahun 2020.

Demikian sedikit ulasan mengenai ujicoba teknologi jaringan 5G, kita tunggu saja kabar selanjutnya dan berharap indonesia juga dapat mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal jauh dari negara lain. Terimakasih, semoga bermanfaat. 🙂

Baca Juga : Mark Zuckerberg Batal Hadirkan Tobmbol “Dislike” pada FB (Facebook)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here