‘Nongol’ di Toko Online Indonesia, Penjualan iPhone 6s Adalah Ilegal ! Kok Bisa ?

1
2857
‘Nongol’ di Toko Online Indonesia, Penjualan iPhone 6s Adalah Ilegal ! Kok Bisa

iPhone 6s Dijual di Indonesia

Smeaker.com Seperti diketahui vendor Apple telah resmi merilis iPhone 6s dan juga iPhone 6s Plus sebagai generusa iPhone terdahulu. Kehadiran dua iPhone tersebut tentu menjadi dambaan setiap para pecinta Apple atau fanboy.

Diketahui bersama perangkat terbaru Apple yakni iPhone 6s belum resmi hadir di Indonesia. Meski belum dirilis secara resmi di Indonesia, ada toko online Indonesia yang sudah menjual smartphone iPhone 6s tersebut dengan varian memori internal 64 GB dan juga 128 GB.

Dalam toko online tersebut, perangkat iPhone 6s dengan memori 128 GB dijual dengan banderol harga Rp 16.899.000,- per unit. Sedangkan harga iPhone 6s varian 64 GB Rose Gold dibanderol dengan harga Rp 15.999.000,- per unit. Untuk harga iPhone 6s varian 64 GB Gold memiliki banderol harga Rp 14.799.000,-.

Namun penjualan iPhone 6s tersebut dikatakan ilegal karena belum mendapatkan sertifikasi dari Postel. Seperti dilansir Okezone, Pengamat Telekomunikasi Indonesia, Heru Sutadi mengatakan produk smartphone atau ponsel pintar yang dijual di Indonesia wajib mendapatkan izin dan telah disertifikasi oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Postel). Jika tidak maka produk tersebut dapat dikategorikan sebagai barang ilegal.

‘Nongol’ di Toko Online Indonesia, Penjualan iPhone 6s Adalah Ilegal ! Kok Bisa,

Untuk produk ilegal biasanya menggunakan garansi toko atau internasional, karena tidak dikenal di lokal. Seperti iPhone 6s yang dijual di salah satu e-commerce di Indonesia tersebut yang memiliki garansi internasinal.

Garansi Internasional untuk iPhone 6s tersebut dimaksudkan, garansi dari toko/penjual produk dengan durasi tertentu, sesuai dengan yang tertera pada info detail produk. Semua produk berlabel garansi internasional merupakan barang asli, namun tidak dilengkapi buku panduan (manual) berbahasa Indonesia.

Apple Indonesia sendiri masih mengajukan permohonan pengujian tersebut kepada Ditjen Postel Indonesia. Dan untuk perizinan iPhone 6s masih dalam tahap Surat Pengantar Pengujian Perangkat (SP3). Hal ini dimaksudkan lembaga sertifikasi telah telah melakukan verifikasi terhadap surat permohonan sertifikasi yang diajukan.

Baca Juga: Daftar Harga Apple iPhone Terbaru

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here