Kini Telegram Messanger Jadi Rivel WhatsApp di Windows Phone

0
679
Kini Telegram Messanger Jadi Rivel WhatsApp di Windows Phone
Kini Telegram Messanger Jadi Rivel WhatsApp di Windows Phone (foto : wpcentral)

Sekitar dua minggu lalau kita dikabari bahwa Ngram, sebuah aplikasi Telegram Messanger tidak resmi akan diresmikan  oleh tim Telegram. Baru beberapa hari berselang, dan sekarang aplikasi tersebut sudah hadir di Store, dengan link Ngram yang menunjukan bahwa aplikasi ini kini telah dilabel ulang dengan nama Telegram Messanger Beta v 0.14.5.27.

Ceritanya dimulai sekitar sebulan lau, dimana ketika itu tim Telegram memutuskan untuk membagikan kode sumber pengembangan aplikasi mereka pada sebuah kontes, dan membiarkan para development untuk menciptakan berbagai klon dari Telegram Massanger. Setelah itu, tim dari Telegram akan memilih aplikasi yang mereka sukai untuk dijadikan aplikasi resmi di Windows Phone.

Tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini merupakan cara yang cerdas untuk memanfaatkan bakat para developer Windows Phone untuk keuntungan kedua belah pihak, dan diharapkan perusahaan lain juga mencoba membuka peluang serupa.

Telegram sendiri (telegram.org) merupakan layanan Messanger berbasis cloud yang diencripsi dan desentralisasi, dengan janji akan menjadi layanan messanger yang paling cepat dan aman di luar sana (ia mendukung RSA 2048 encryption dan Diffie–Hellman secure key exchange).

Hal ini memungkinkannya untuk menjadi pesaing utama WhatsApp, dimanaa para pengguna akan merasakan terdapatnya kesamaan antara dua layanan ini. Terkecuali dengan lebih banyaknya fitur yang dimiliki Telegram, yang semakin memberatkan status WhatsApp saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here