Mendominasi, Pebble Kuasai 35% Pasar Smart Band

0
536
Mendominasi, Pebble Kuasai 35% Pasar Smart Band
Mendominasi, Pebble Kuasai 35% Pasar Smart Band (foto: kickstarter)

Perusahaan analis bernama Canalys baru saja mempublikasikan hasil analisis terhadap perkembangan dan pangsa pasar perangkat wearable band, untuk kuartal pertama 2014 ini. Canalys telah membagi pemasaran wearable ini kedalam dua kategori, yaitu basic band dan smart band.

Pada kategori Smart band, vendor smartwatch bernama Pebble telah menguasai 35% pasar smart wearable band. Untuk mengawali tahun baru 2014 lalu, Pebble merilis versi stainless steel baru untuk smartwatchnya. Dengan tambahan Pebble App Store yang tersedia untuk smartwatch versi Androi dan iOS, Pebble mampu menekan Sony di posisi kedua dengan pangsa 29% dan Samsung di posisi ketiga dengan pangsa 23%, selama periode Januari hingga Maret.

Sedangkan pada kategori basic band, Fibit merajai pasar dengan 50% penjualan di kuartal ini. Handset dari Fitbit ini memang telah mendomainasi, meskipun sempat terjadi masalah beberapa waktu lelu, ketika ada beberapa laporan dari pengguna yang mengaku mengalami iritasi kulit setelah memakainya. Trnyata hal ini disebabkan oleh bahan yang digunakan untuk membuat perangkat tersebut. Selain Fitbit, ada pula Jawbone yang memiliki pangsa kuat di kuartal pertama. Sedangkan Nike FuelBand mengalami kemunduran pangsa hingga menjadi 10% saja. Entah apa sebabnya, namun saat ini Nike dikabarkan sedang berkonsentrasi dengan bisnis hardware, dan softwarenya yang akan digunakan pada Apple iWatch di semester kedua nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here