SumoBoy: Game Psikologi yang Dapat Kurangi Tindak Bullying

0
1209
SumoBoy: Game Psikologi yang Dapat Kurangi Tindak Bullying
SumoBoy: Game Psikologi yang Dapat Kurangi Tindak Bullying (foto : soworld)

Nampaknya kebanyakan orang tidak sadar bahwa pem-bully-an atau intimidasi merupakan masalah yang telah lama berlangsung di seluruh dunia, dan telah mengakar pada kehidupan masyarakat, terutama anak-anak muda. Tidak terkecuali di Indonesia.

Apakah anda ingat dengan kejadian beberapa waktu lalu, dimana siswa sekolah dasar menjadi korban meninggal akibat tindak pembulian yang dilakukan temannya? Yah, setelah muncul korban, barulah kita sadar. Namun, tetap saja tidak banyak orang yang perduli akan hal ini.

Meskipun begitu, masih ada juga orang-arang yang dengan tegas menolak tindak pembulian dan berusaha menuntaskan masalah ini. Salah satunya adalah Global Developer Studio yang berbasis di Sydney, Australia, yang menyebut diri mereka sebagai TAPRR. Kelompok ini memiliki potensi untuk mengurangi tindak pembulian di masyarakat, terutama dengan metode yang mereka bawa.

Mereka mencoba menggunakan metode Game untuk mendidik anak-anak agar mengerti bahwa pembulian atau intimidasi itu bukanlah hal yang baik. SumoBoy, sebuah permainan karanmgan TAPRR ini pada awalnya bercerita mengenai seorang anak yang menyelamaatjan sebuah dunia sihir. Namun jika digali lebih dalaam lagi, terdapat banyak pesan moral yang disampaikan. Seperti harapan, pesan anti bullying yang kuat, dengan bantuan pendukung seperti diberikannya kata-kata dari penyair Shane Koyczan yang menjadi narasi pada permainan ini serta dukungan dari organisasi anti-intimidasi, Angel Goal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here