Cara Ampuh Membersihkan Data di Perangkat Smartphone Andorid !

0
4096
factory reset

Cara untuk membersihkan data di perangkat Smartphone Android

smeaker.com – Bagi pengguna smartphone Android yang sering kali menyimpan berbagai macam jenis data pribadi seperti foto, nota kecil, catatan keuangan atau berbagai hal lainnya, untuk itu waspada dan berhati-hatilah !

Pasalnya, hasil riset diperusahaan keamanan Avast Software, data-data pribadi anda tersebut tidak akan sepenuhnya hilang mesti kita sudah menghapusnya dengan menggunakan fitur ‘factory reset’ atau ‘delete all’ yang tersedia.

Dengan melakukan kedua langkah pada software tersebut mungkin dengan cara ini tidak cukup untuk menghilangkan data pribadi atau file anda secara permanen.

Untuk lebih amannya dan untuk memberi rasa kita tenang, simak langkah-langkah berikut yang dapat anda lakukan untuk mengamankan data pribadi atau file anda diperangkat smartphone Android.

Enkripsi

Untuk hal ini anda disarankan agar mengenkripsi perangkat smartphone sebelum melakukan wipe (hapus data). Kemudian proses eknripsi akan mengacak data pada perangkat anda dan juga diperlukan beberapa langkah khusus untuk bisa menguraikan enkripsi yang telah anda lakukan sebelumnya.

Langkah untuk melakukan enkripsi di perangkat Android, bisa anda lakukan dengan masuk ke menu Setting > Security > dan pilih Encrypt Phone.

Melakukan factory reset

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan factory reset (reset pabrik). Langkah ini dapat dilakukan dengan cara masuk ke menu Setting > Back Up and Reset > lalu pilih Factory Data Reset.

Diharapkan anda harus mengetahui bahwa langkah ini akan menghilangkan atau menghapus semua data yang berada di ponsel anda.

Oleh sebab itu sebelumnya anda harus mem backup data terlebih dulu jika nantinya ada data yang diperlukan atau diselamatkan.

Masukan data palsu

Seharusnya langkah yang pertama dan langkah kedua sudah cukup untuk kebanyakan orang, tapi kami sarankan untuk melakukan langkah tambahan, yaitu dengan memasukkan foto dan kontak palsu pada perangkat anda.

Lakukan factory reset sekali lagi

Kemudian yang harus anda lakukan adalah me reset sekali lagi dengan factory reset untuk menghapus konten palsu yang baru anda masukkan pada perangkat anda.

Ini akan mempersulit pihak lain untuk menemukan data pribadi anda. Karena data asli telah tertutupi oleh data palsu.

Simak Juga : Sundul Gan !!! Lahirnya Film Kaskus berawal dari Persahabatan Ken dan Andrew

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here