Cek,,, Tips Memilih Power Bank Yang Bagus

1
82465
Cek,,, Tips Memilih Power Bank Yang Bagus

Cara Memilih Power Bank Yang Bagus

Info Gadgets Terbaru – Dewasa ini kebutuhan smartphone terus meningkat diseluruh lapisan masyarakat.Seiring menjamurnya smartphone maka kebutuhan akan powerbank juga terus meningkat. Mengingat smartphone memerlukan konsumsi daya lebih besar dibanding handphone biasa. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang menjadi kelebihan smartphone itu sendiri diantaranya paket data selalu menyala, layar yang luas, banyak aplikasi aktif memiliki fitur-fitur yang butuh konsumsi daya lebih dan masih banyak lainnya. Untuk itu diciptakanlah powerbank sebagai penyimpan cadangan daya yang bisa dibawa kemana-mana.

Power bank merupakan salah satu perlengkapan cukup penting dan sering dibawa oleh orang yang memiliki gadget atau smartphone canggih. Jika dilihat dari model jenis, powerbank sendiri juga mempunyai beberapa macam model berbeda dengan harga bervariasi. Dengan melihat akan banyaknya jenis model powerbank, kita dapat mencoba untuk dapat membaca informasi tips memilih jenis power bank.

Tips Memilih Powerbank

Tips Memilih Powerbank yang Bagus

1. Kapasitas Power Bank dan Berapa Kali Charge

Langkah pertama yang perlu kita lakukan sebelum membeli sebuah power bank adalah melihat terlebih dahulu kapasitas daya yang ada dari powerbank. Hal ini penting supaya kita dapat melakukan pengisian energi secara makismal. Kapasitas power bank bervariasi mulai berkapasitas rendah, sedang sampai kapasitas besar. Kapasitas power bank riil terkadang tidak sama dengan kapasitas power bank yang tertera pada labelnya. Jalan terbaik adalah membeli powerbank berkualitas dari pabrikan ternama seperti Samsung atau yang lainnya. Karena powerbank berkualitas hampir memiliki kapasitas sesuai label.

Power bank pada umumnya memiliki kapasitas berbeda dengan label. Jika dihitung Power bank yang memiliki kapasitas 5600 mAh yang digunakan untuk mengisi baterai berkapasitas 2100 mAh maka power bank tersebut akan mampu mengisi sampai 3x charger sampai penuh. Sedangkan pada umunya powerbank yang ada hanya mampu mengisi penuh hingga 2x atau 1x saja. Powerbank berkualitas biasanya memiliki daya riil hampir mendekati 100% dari labelnya.

2. Melihat Kelengkapan Aksesoris dari Power Bank

Langkah kedua yang juga perlu kita perhatikan adalah dengan cara memilih kelengkapan dari aksesoris yang ada dari power bank. Hal paling penting adalah kita dapat mencoba terlebih dahulu melihat apakah ada lampu indikator, konektor, kabel A/C dan juga baterai asli. Kita dapat mencoba untuk dapat melihat terlebih dahulu kelengkapan yang ada sebelum kita membeli power bank.

3. Melihat Fitur dari Power Bank

Dengan melihat fitur dari power bank. Hal penting lainnya perlu kita ketahui adalah dapat melihat dari sisi fitur power bank. Kita dapat mencoba untuk dapat melihat beberapa fitur seperti high temperature, overcharging protection dan juga short circuit.

Fitur powerbank high temperature protection berfungsi sebagai pelindung gadgets dan meminimalisir panas ketika suhu panas mulai terdeteksi saat kita melakukan pengisian daya gadgets. Fitur overcharging protection berfungsi sebagai pelindung smartphone dari arus daya berlebih saat proses pengisian daya berlangsung. Terkadang smartphone yang dicharger terlalu lama dan jika sudah penuh baterainya belum dilepas juga chargernya hal ini bisa mengakibatkan baterai menggelembung. Disinilah peran fitur overcharging protection bekerja yang akan mematikan arus daya power bank ke smartphone. Fitur short circuit protection, fitur ini sangat berjasa sebagai pengaman gadgets dari kebakaran saat pengisian daya karena hubungan pendek arus listrik.

4.  Melihat Tegangan Output Power Bank

Dengan melihat tegangan output, maka kita dapat mengetahui tegangan yang akan masuk kedalam smartphone kita dan dapat memprediksi waktu chargernya. Tegangan output powerbank itu sendiri mayoritas memiliki tegangan 1A atau 2A. Namun sebaiknya saat mengisi daya smartphone menggunakan powerbank, gunakanlah kabel USB asli karena tegangan USB dari smartphone asli lebih stabil dan sudah disesuaikan oleh pabriknya. Hal ini diperlukan juga untuk menghindari gejolak tegangan arus daya yang naik turun. Dengan tegangan tertentu akan menentukan lama atau tidaknya smartphone akan terisi.

5. Dengan Melihat Garansi (Minimal 1 tahun)

Di pasaran saat ini banyak sekali powerbank abal-abal dengan harga cukup murah namun tidak memberikan garansi terhadap produknya. Jika anda ingin membeli powerbank, pastikan terdapat garansi resmi dari pabrik minimal 1 tahun sehingga meyakinkan kita bahwa powerbank tersebut memiliki kualitas bagus. Garansi resmi juga menjadi salah satu indikator bahwa powerbank itu asli. Karena perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung hanya akan memberi garansi pada barang keluaran pabriknya.

6. Melihat Harga Power Bank ( Harga Mahal Lebih Menjamin Kualitas )

Anda tentunya tidak menginginkan baterai smartphone mahal anda rusak hanya gara-gara powerbank, maka jangan berat untuk membeli powerbank berkualitas meskipun harga Power bank itu mahal. Pastikan merek asli dan kapasitasnya memang setara dengan harga power bank tersebut. Sebaiknya anda membeli powerbank merk kepercayaan anda dan di toko terpercaya. Karena toko-toko gadget terpercaya juga akan menjaga kualitas barang yang dijualnya termasuk powerbank.

7. Perhatikan Cell Power Bank

Sebagian besar orang membeli powerbank tanpa memperhatikan jenis cell dari powerbank itu sendiri. Namun sebaiknya anda juga memperhatikannya karena cell pada power bank akan berpengaruh pada awet atau tidaknya daya sebuah power bank. Contoh Cell yang bagus adalah Japan Cell, Samsung Cell, Sanyo Cell dll.

Sekian sedikit informasi tips dan trick dalam memilih powerbank yang bagus. Pastikan anda membeli Powerbank berkualitas mengingat perangkat ini cukup dibutuhkan ketika anda bepergian jauh, camping ataupun melakukan perjalanan yang membutuhkan waktu lama di perjalanan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Prosesor Smartphone

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here