Facebook Lite siap diluncurkan, cocok untuk Indonesia dengan tiga alasan !

0
2862
vinjay

Android low-end siap jajal Aplikasi Facebook Lite yang ringan

smeaker.com – Akhirnya aplikasi Facebook Lite telah diluncurkan di Indonesia setelah lama ditunggu. Aplikasi Facebook Lite yan memang ditargetkan untuk smartphone Android untuk kelas low-end sudah mulai tersedia di Play Store Google Indonesia.

Aplikasi Facebook Lite ini telah dibangun dari awal, menurut Shankar yang menjelaskan bahwa aplikasi tersebut tidak mengambil arsitektur aplikasi Facebook versi original pada Android.

Sehingga memungkinkan pengembang Facebook Lite bisa dikatakan lebih leluasa untuk mengatasi masalah yang terjadi nantinya perihal dalam aplikasi Facebook Lite versi Android.

Sedangkan tiga alasan untuk Facebook Lite cocok untuk perangkat yang memiliki spesifikasi yang kurang tinggi (low-end), juga dengan jaringan yang lambat dan dengan kapasitas media penyimpanan yang kecil.

“Facebook Lite mampu berikan tiga permasalahan tersebut. Tambah Shankar. Kutipan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, sekitar 70 % pengguna smartphone di Indonesia.

Bisa dibilang masih banyak yan menggunakan jaringan 2G. sementara jaringan dengan koneksi 2G tergolong kurang cepat untuk mengakses berbagai macam situc, termasuk untuk akses Facebook.

Facebook Lite merupakan aplikasi berkarakteristik yang tidak membutuhkan banyak bandwith internet, sehingga dalam jaringan 2G pun masih bisa dibuka deyngan cepat.

Selain itu Facebook Lite juga tidak memasukkan fitur-fitur yang dinilai memberatkan sistem serta disainnya. Sehingga kerja Facebook Lite menjadi lebih ringan, juga bisa optimal di Android.

Sedangkan ukuran Facebook Lite instalasi terbilang sangat kecil, hanya sekitar 430 Kb yang tidak memberatkan kapasitas penyimpanan.

Fungsi-fungsi dasar Facebook, seperti unggah status, foto, memberikan komentar dan membagikan tautan berita masih bisa didapatkan pada aplikasi Facebook Lite.

Dan tidak akan berjauh beda dengan versi original meskti terbilang lebih ringkas serta kecil dan ringan, tambah Shankar.

Kekurangan Facebook Lite saat ini hanya saja belum bisa digunakan untuk memutar video. Facebook Lite ini merupakan penyederhanaan dari versi situs mobile Facebook yang dulu pernah digunakan.

Tapi Facebook juga menambahkan beberapa fungsi modern, seperti push notification serta integrasi aplikasi dengan kamera pada ponsel agar pengguna bisa mendapatkan pengalaman seperti aplikasi Facebook di smartphone premium.

Simak Juga : Cara Ampuh untuk menampilkan File Hidden akibat disembunyikan oleh Virus Shortcut !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here