Cara Ampuh untuk menampilkan File Hidden akibat disembunyikan oleh Virus Shortcut !

0
69743
file hidden pada flash disk

File disembunyikan oleh Virus Shortcut memang menjengkelkan, simak cara berikut ini

smeaker.com – Pernah dari kita menemui suatu data yang berada di flashdisk atau juga yang di hardisk komputer kita tidak bisa muncul atau tidak kelihatan, padahal kita ingat betul data-data tersebut tidak pernah kita hapus.

 virus_shortcut

Yang terlihat hanyalah Folder Shortcut yang berukuran kecil, dan ada beberapa file-file yang berada diluar folder flasdisk atau hardisk tersebut.

Begitu juga dengan saya saat akan kembali bekerja, setelah beberapa saat akan mulai bekerja kemudian panggilan telepon masuk yang memberitahukan bahwa ada beberapa data mereka yang hilang bahkan tidak muncul.

Saya saat itu langsung berpikir, apa yang terjadi ? padahal sebelumnya data-data yang saya simpan di komputer server yang merupakan komputer client yang dapat diakses oleh komputer yang lain dan dibagikan melalui file sharing windows supaya client yang lain bisa mengakses data-data mereka.

Setelah itu saya pun langsung mencoba untuk megakses data pada hardisk tersebut, akan tetapi yang muncul hanya Folder Shortcut dan beberapa file lain.

Dan apabila file tersebut kita klik maka file tidak ditemukan. Sontak membuat saya bertanya-tanya apakah file –file tersebut terkena virus.

Benar saja data-data file tersebut memang dihidden oleh virus shortcut, maka saya akan mencoba untuk memunculkan file yang ke hidden oleh virus shortcut tadi.

Cara untuk menampilkan file hidden yang disembunyikan oleh virus shortcut tersebut sebagai berikut :

Bukalah menu command prompt (cmd) atau bisa juga dengan menekan tombol shortcut keyboar (Win + R) atau jika kita melalui menu Windows Start > Run ketik cmd, atau bisa juga dengan memilih menu Start > All Program > Accessories > Command Prompt, seperti pada gambar berikut.

Maka command promt akan muncul dan terbuka seperti pada gambar :

cara-membuka-cmd

Setelah Command Prompt terbuka, kita akan mengakses change direktori melalui cmd, dimana flashdisk atau hardisk tersebut berada, dalam gambar berikut folder hidden atau file yang akan kita perbaiki berada di drive d.

Selanjutnya kita akan mengubah direktori yang ada pada cmd ke direktori D dengan mengetikkan cd/ dan tekan enter, kemudian ketikkan d: maka command prompt akan menuju ke direktori d.

cmd

Setelah cmd berada pada direktori d, ketikkan perintah seperti berikut attrib –s –h *.* /S /D lalu tekan enter.

memunculkan-file-hidden

Keterangan dari perintah cmd diatas adalah :

-s : berfungsi untuk menghilangkan attrib tipe sistem file.

-h : untuk menghilangkan attrib tipe hidden file.

*.* : semua file/folder yang terdapat pada flashdisk atau hardisk anda.

/s : untuk memproses seluruh folder dan sub folder

/d : memproses folder

Setelah proses selesai, file sudah bisa ditampilkan dan jangan lupa untuk menghapus semua file applicaton virus yang berekstensi .exe silahkan dicoba, semoga berhasil.

Simak Juga : Game Sword of Xolan, Game terbaru dengan Grafis piksel yang memukau hadir di Android !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here