Hore !!! Jaringan 4G LTE Tahap Kedua Hadir di Indonesia pada 6 Juli 2015 Mendatang

0
1655
Smartphone-4G-LTE

Internet ngebut jaringan 4G LTE resmi hadir bersama operator telekomunikasi Indonesia

smeaker.com – Informasi dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang akan meresmikan jaringan telekomunikasi 4G LTE tahap kedua dengan frekuensi 1.800 MHz di lima kota Indonesia secara serentak pada 6 Juli 2015 bersama seluruh operator telekomunikasi Indonesia.

“Jadi operator telekomunikasi yang mau update atau ingin memperbarui jaringan mereka harus sudah siap untuk jaringan 4G LTE. Untuk peluncurannya sendiri Resmi dari Menkominfo tanggal 6 Juli, tinggal bagaimana operator masing-masing menyelenggarakan pembaruan tersebut.

Sedang untuk lokasi penyelenggaraan kami serahkan sepenuhnya ke operator”. Ujarnya saat ditemui disela-sela acara Pengecekan Kesiapan Jaringan Bergerak Seluler untuk mudik Lebaran 2015.

Sementara Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemenkominfo Ismail Cawidu mengatakan bahwa menteri akan mendeklarasikan peresmian 4G LTE tersebut dari Makassar. Bersamaan dengan itu, 4G LTE juga akan diresmikan secara serentak oleh operator XL di Mataram, operator Indosat di Balikpapan, operator Hutchinson Tri di Banjarmasin dan operator Smartfren di Batam.

Sementara bagi Smartfren, selain memakai standar FDD (Frequency Division Duplex) di spektrum frekuensi 850 MHz, pihak mereka juga akan memakai standar TDD (Time Division Duplex) di spektrum 2.300 MHz yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Chief RA menambahkan “Kita melaksanakan acara ini resmi dan secara serentak karena pada tahap ini memang lebih penting untuk mengedepankan kebersamaan seluruh operator dari pada kompetisi antar operator. Misalnya nanti kalau 4G LTE sudah digelar semua nanti ya tergantung mau berkompetisi antar operatur silahkan saja.

Meski penataan 4G pada tahap kedua pada pita frekuensi 1.800 MHz sendiri belum tuntas. Pada proses penataan ini akan dihentikan sementara waktu, sekitar satu pekan sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1436 H mendatang.

Pada pertemuan sebelumnya, Kemenkominfo dan para operator telekomunikasi yang telah sepakat untuk melaksanakan penataan dengan memakai metode cluster.

Dan dari pihak operator sendiri tidak merasa keberatan untuk operator yang ingin menyelenggarakan 4G LTE di suatu cluster, asalkan penataan di cluster tersebut sudah benar-benar selesai.

 Baca Juga : Asus Monitor Seri Profesional PB278Q! Cocok Untuk Bermain dan Bekerja, Desain Eksklusif !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here