Super Cepat ! Jaringan 5G Bisa Sentuh Angka 20 gbps

0
1967
5G

Internet cepat berkecepatan 20 gbps akan hadir dengan jaringan 5G

smeaker.com – Perkembangan internet kian hari kian menarik untuk disimak, meski kita sendiri kurang mengerti arti atau manfaat atau apalah, bau-baru ini tersiar kabar dalam pengembangan generasi ke lima komunikasi nirkabel dalam tahap pengembangan, yang masih memerlukan inisiatif dari sejumlah perusahaan terkemuka untuk mengambangkan produknya dijaringan 5G

Kali ini perusahaan raksasa kedua di dunia dari pembuatnya switchgear dengan produknya Huawei, yang telah menandatangani nota kerjasama dengan megaFon yang berperan sebagai operator terbesar kedua di Federasi Rusia, yang sepakat untuk membangun jaringan 5G yang akan beroperasi selama Piala Dunia FIFA 2018.

Negara Rusia yang kali pertama untuk uji coba bagi operator MegaFon dalam pengembangan standar komunikasi yang akan dioperasikan pada sejumlah titik di seluruh dunia, dalam percobaan yang mencakup 11 kota, Huawei juga tengah menguji peralatan terminal serta mengukur kinerja teknologi yang akan digunakan mobel tersebut dalam beberapa zona.

Pada tahap pengujuan jaringan 5G saat ini telah menunjukkan hasil kecepatan data yang terbilang jauh melebihi 500Mbps, dan latency sekitar seperlima dari jaringan 4G LTE sekarang, meski sekarang ini jaringan 4G LTE-A masih belum menjadi standar di itngkat global, namun International Telecommunication Union (ITU) juga telah mengumpulkan data spesifikasi guna untuk mengikuti langkah berikutnya dalam perkembangan komunikasi mobile terserbut.

Pihak terkait melaporkan bahwa pada 10 hingga 18 Juni lalu, dari 12 delegasi ITU telah memperdebatkan mengenai tatanan spesifikasi yang akan ditetapkan sebagai ukuran standart jaringan 5G yang akan datang. Pihak ITU juga telah memutuskan hasil perdebatan bahwa 5G akan memiliki kecepatan puncak 20Gbps, atau setara dengan 20 kali spesifikasi kecepatan pada puncak 4G LTE, yang telah memiliki kecepatan pada 1Gbps saja.

Untuk diingat, bahwa kecepatan tersebut merupakan kecepatan maksimal yang diuji secara teoritis, maka dari itu jaringan 5G pertama akan diperkirakan kecepatan puncak akan lebih rendah. Misal pada saat ini standart LTE kecepatan tercepat adalah LTE Cat 9, yang menyediakan kecepatan puncak maksimal hingga 300Mbps, jauh dibawah bila dibandingkan dengan kecepatan maksimal yang 1Gbps pada spesifikasi jaringan 4G.

Simak Juga : Harga Meizu M1 Note dan Spesifikasi, Phablet Octa-core 64 Bit Andalkan Kamera 13 MP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here