Android M Resmi Diumumkan, di Android M Tanpa Perlu Install Ulang Aplikasi

0
1251
Android M Resmi Diumumkan, di Android M Tanpa Perlu Install Ulang Aplikasi

Sistem Operasi Android M

Smeaker.com Dalam ajang konferensi I/O 2015, Google mengumumkan serta menujukkan kisi-kisi dari Android M yang merupakan generasi penerus dari Android Lollipop. Dalam konferensi tersebut Google memamerkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Androi M. Google selama ini telah mengamati para produsen, berbagai hal yang ditambahkan ke dalam produk Android mereka.

Keunggulan Android M pertama yang ditunjukkan dalam konferensi tersebut adalah seputar perubahan sistem keamanan, dimana Google memberikan kuasa terhadap pengguna untuk menerima atau menolak permintaan izin keamanan sebuah aplikasi. Dengan begitu maka aplikasi tidak akan bisa secara bebas membuka lokasi atau kamera pengguna. Jika ingin mengakses kamera atau lokasi maka program aplikasi tersebut akan meminta izin terlebih dahulu.

Fitur terbaru dari Android M ini tentu berbeda dengan versi Android sebelumnya, dimana setiap persetujuan dalam mengakses kamera, lokasi ataupun lainnya diberikan pada pengguna saat hendak mengunduh suatu aplikasi.

Adapun fitur lain yang juga diperbaharui di Android M yakni penambahan fitur pada Chrome yang bernama Chrome Custom Tabs. Fitur tersebut berfungsi untuk pengembang aplikasi dapat menyematkan halaman web pada aplikasinya. Selain itu ada juga fitur yang disebut Burke menarik adalah Doze. Fitur tersebut berfungsi untuk mengelola daya yang digunakan ponsel. Contoh : jika ponsel tidak bergerak selama beberapa waktu, maka Doze tersebut akan langsung memutus aplikasi yang aktif.

Pada Android M nantinya juga akan didukung pemindai sidik jari, yang mana saat ini banyak digunakan pada smartphone premium berbanderol tinggi. Google juga memberitahukan bahwa sistem operasi Android M juga menyederhanakan pengendalian volume dan penerapan USB type C.

Android M Resmi Diumumkan, di Android M Tanpa Perlu Install Ulang Aplikasi,

Di Android M Tanpa Perlu Install Ulang Aplikasi

Sistem operasi terbaru Android M memiliki kemampuan untuk melakukan backup data aplikasi ke layanan Google Drive, dan pengaturan aplikasi secara otomatis akan dikembalikan begitu pengguna melakukan instalasi ulasng. Setiap aplikas memiliki bagian kuota backup sebesar 25 MB, yang mana fitur backup data bersifat universal dan langsung akan dijalankan untuk semua aplikasi yang terpasang pada perangkat. Backup data pada sebuah aplikasi bisa dilakukan secara reguler setiap 24 jam, selain itu developer dapat mengatur bagian data mana saja yang ingin disimpan di Google Drive.

Sampai saat ini Android M sendiri masih belum dirlis, sehingga fitur yang dimiliki juga belum final. Kabarnya sistem operasi Android M akan dirilis belakangan tahun 2015, kita tunggu saja informasi selanjutnya.

Baca Juga : Mengenal Sistem Operasi Android, Kelebihan Android Lollipop

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here