Dibeli Facebook, WhatsApp Kini Diblokir di Iran

0
842
Dibeli Facebook, WhatsApp Kini Diblokir di Iran
Dibeli Facebook, WhatsApp Kini Diblokir di Iran (foto : ucar)

App massaging paling populer di dunia, WhatsApp telah di blokir di Iran. Hal ini berkaitan dengan diakuisinya aplikasi yang satu ini oleh Facebook. Padahal, selama ini WhatsApp merupakan salah satu jalan bagi masyarakat Iran untuk berkomunikasi dengan teman dan kerabat mereka di luar negeri.

Tentunya hal ini bukanlah tidak beralasan. Justru Mark Zuckerberg adalah alasan dibalik semua ini. Pria yang merupakan seorang “Zionis Amerika” inilah yang kini memiliki WhatsApp, jadi tidak ada pilihan lain selain memblokir WhatsApp. Bahkan, sebelumnnya, app yang terikat kerjasama dengannya, yaitu WeChat juga turut diblokir tahun lalu.

“Alasannya adalah asumsi WhatsApp oleh pendoro FAcebook, Mark Zuckerberg,” tutur Abdul Sammad Khorramabadi, ketua Komite Kejahatan Internet Iran tersebut.

Tentu saja, hal itu mungkin tidak akan terlalu berpengaruh bagi Zuckerberg,  belum lagi Facebook sendiri masih dapat diakses di Irah sampai saat ini, begitu pula dengan Instagram. Twitter, Viber, YouTube, et al juga masih eksis. Bahkan beberapa pejabat pemerintahan iran juga masih aktif di salah stu situs jejaring sosial tersebut, dimana mereka mengeluarkan propaganda tersebut.

Mungkin ini juga merupakan bagian dari usaha pemerintah Iran untuk melindungi rakyatnya dari kejahatan kriminal dengan menerapkan Jaringan HAlal, sebuah koneksi internet yang telah dibersihkan oleh pihak lembaga sensor. Hal ini memang dirasa perlu, mengingat isu mengenai spionase yang dilakukan oleh NSA Amerika melalui beberapa perusahaan besar, termasuk Facebook.  Iran sendiri memang telah memprioritaskan Data tracking, menjelang kerusuhan pemilu tahun 2009 dan 2011 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here