Tips dan Cara Merawat Printer Supaya Awet, Cek Di Sini

0
3994
Tips dan Cara Merawat Printer Supaya Awet, Cek Di Sini

Tips dan Cara Merawat Printer Supaya Awet

Smeaker.comPrinter adalah alat output pada sebuah komputer yang berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks, gambar maupun grafik diatas kertas adalah perangkat yang sangat umum dan banyak digunakan oleh kebanyakan orang yang memiliki komputer, laptod dan lainnya. Printer bisa juga menjadi salah satu alat yang sangat penting buat sebagian orang seperti instansi pemerintahan, kantor, toko bahkan perusahaan jasa yang bergerak di percetakan. Karena sangat pentingnya sebuah printer maka kita harus dapat menjaga dan merawat printer dengan sebaik mungkin agar awet dan bisa tahan lama.

Banyak printer yang sudah beredar di pasaran Indonesia diantaranya seperti merek Epson, Canon, Lexmark, Hewlett Packard (HP)dan lain sebagainya. Tidak hanya merek yang banyaknamun tipe printer yang beredar di pasaran juga beragam diantaranya printer inkjet, printer dot matrik dan printer laser jet. Kebayakan tipe printer yang tersedia langsung satu paket saat membeli sebuah printer baru adalah printer inkjet.

Perlu diketahui seputar printer inkjet yang banyak digunakan pada umumnya merupakan jenis printer dengan tabung isi tinta di luar printer, sehingga pengguna tidak perlu membongkar printer jika ingin mengisi ulang tinta printer. Printer Inkjet ini banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya terutama untuk usaha kecil seperti warnet, ataupun toko kecil, hal ini dikarenakan harga printer inkjet yang terbilang murah dari tipe printer lainnya. Harga printer inkjet dapat Anda miliki hanya dengan harga mulai Rp 400 ribuan.

Tips dan Cara Merawat Printer Supaya Awet, Cek Di Sini,,

Printer memang sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang, namun printer juga sebuah alat jadi juga bisa mengalami kendala atau kerusakan. Dibalik fungsinya yang sangat penting kita juga harus mempertimbangkan hal tersebut yaitu kerusakan printer, untuk itu maka Anda harus rajin merawat printer dengan baik untuk menghindari kerusakan, agar printer Anda nantinya juga lebih aet dan tahan lama. Berikut ada beberapa tips dan cara merawat printer inkjet, printer laser atau printer biasa supaya awet dan tahan lama, semak selengkapnya tipd dan cara dibawah ini.

9 Tips dan Cara Merawat Printer

  • Printer harus sering digunakan, dan jangan biarkan printer tidak pernah digunakan sama sekali. Penggunaan printer yang jarang akan membuat tinta di head cartridge menjadi kering dan akan menyumbat proses mengeprint.
  • Tips kedua yakni dengan memanfaatkan Clean Head pada printer secara berkala untuk tetap menjaga agar tinta dapat keluar dengan lancar.
  • Tips ketiga yakni dengan cara menjaga kebersihar printer secara teratur, printer harus dijaga agar tidak sampai ada benda yang masuk sehingga membua printer menjadi macet.
  • Matikanlah printer dengan tombol power supaya posisi cartridge kembali ke pososi semula, itulah kenapa dilarang mematikan printer dengan menyabut langsung dari stop kontak.
  • Langkah kelima yakni memastikan kertas sesuai dengan printer, kertas yang digunakan tidak terlalu tebal ataupun terlalu tipis. Yang terpenting kertas harus dalam keadaan lurus atau tidak kusut agar printer Anda awet dan tahan lama.
  • Tips selanjutnya yaitu dengan menggunakan tinta refill yang sudah direkomendasikan sehingga hasil cetakan printer akan tetap berkualitas.
  • Segera lakukan pengisian ulang tinta jika tinta sudah menunjukkan tanda habis, karena tinta yang kosong akan membuat cartridge  menjadi tersumbat.
  • Selanjutnya jangan membongkar casing printer jika belum ahli, karena jika mengalami masalah sedikit saja akan menjadikan printer menjadi rusak.
  • Tips terakhir yaitu jangan menyentuh cartridge dengan tangan langsung, dikarenakan bisa mempengaruhi aliran listrik statisdan mengganggu komponen tersebut.

Itu tadi adalah sedikit tips dan cara untuk merawat printer agar lebih awet dan tahan lama yang dapat saya sampaikan, semoga informasi mengenai Tips dan Cara Merawat Printer tersebut dapat bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Baca Juga: Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dan Tidak Terbaca Oleh BIOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here