Kuota Internetmu Cepat Habis ??? Kenali dan Hindari Penyebabnya

0
3453
Kuota Internetmu Cepat Habis, Kenali dan Hindari Penyebabnya

Kuota Internet

Smeaker.com – Saat ini kuota internet memang memiliki arti sangat penting buat sebagian orang para pecinta gadget. Terutama untuk up-date setiap waktu di sosial media yang sekarang semakin banyak dan bervariatif atau bahkan untuk keperluan bekerja. Kehabisan kuota bisa menjadi salah satu hal yang ditakutkan oleh sebagian orang tertentu.

Kehabisan kuota membuat handset kita kurang berfungsi secara maksimal terutama untuk mengakses social media dan juga hiburan seperti game online ataupun melihat You Tube. Banyak penyedia layanan internet telah menyediakan paket data unlimited atau tanpa batas untuk mengatasi hal tersebut. namun hal tersebut tetap saja memiliki keterbatasan seperti koneksi internet yang akan melambat jika batas wajar pemakaian paket unlimited tersebut tercapai.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah tersebut adalah Anda sendiri yang harus dapat mengatur pemakaian kuota data tersebut, seperti besarnya kuota yang terpakai jika ingin membuka atau meng-upload sesuai file. Lantas apa saja yang menyebabkan kuota internet cepat habis ??? Mungkin ini adalah pertanyaan yang sering dikemukakan pengguna handset jika mengalami kehabisan kuota. Berikut ada beberapa hal atau penyebab yang dapat mempercepat kuota habis.

Kuota Internetmu Cepat Habis, Kenali dan Hindari Penyebabnya

5 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

  1. Obrolan video

Mengobrol melalui video seperti via skype atau aplikasi lain yang mendukung kegiatan tersebut, merupakan salah satu penyebab kuota internet cepat habis. Hal ini dikarenakan mengobrol melalui video memerlukan banyak bandwidth. Pada umumnya mengobrol melalui video menkonsumsi bandwidth 3 MB per menit.

  1. Game Online

Bermain game memang sangat menyenagkan apalagi jika ada lawan main seperti game online, bisa sampai lupa waktu. Game online yang banyak memakan kuota adalah jenis game real-action seperti game Asphalt 8 atau game Modern Combat 5:Blackout. Dua game tersebut diperkirakan membutuhkan 1 MB data per menit. Permainan dalam waktu yang lebih lama juga akan membuat konsumsi data semakin meningkat.

  1. Unggah ke You Tube

Menggungah video ke You Tube akan menghabiskan kuota sangat besar. Tapu hal tersebut juga tergantung dari pengaturan yang diterapkan pengguna dan juga berbagai faktor lainnya. Rekaman video beresolusi HD (high-definition)bisa memakan kuota internet hingga 200 MB per menit. Jika Anda tidak menyadari sering menggunggah video walaupun satu menit setiap hari, maka kuota Anda akan cepat habis. Untuk menggunggah video ke You Tube, sebaiknya menggunakan koneksi Wi-Fi untuk mengantisipasi agar kuota internet tidak cepat habis.

  1. Streaming Musik

Mendengarkan musik lewat streaming seperti menggunakan layanan streaming musik Rdio atau Guvera memng sangat simple dan praktis, Anda dapat mendengarkan lagu kesukaan dimanapun berada asalkan ada koneksi internet. Sisi baiknya lagi Anda tidak perlu menyimpan banyak lagu favorit dalam kartu memori. Namun pada sisi lain, streaming musik juga menjadi salah satu penyebab kuota internet cepat habis. Memutar musik dengan resolusi 320 Kbps akan menghabiskan kuota internet hingga 2,4 MB per menit. Jika dihitung contoh Anda mendengarkan musik dengan streaming selama satu jam, maka akan meghabiskan kuota internet 114 MB.

  1. Streaming Video

Terakhir yang menjadi penyebab kuota internet cepat habis adalah streaming video. Jika streaming musik saja sudah mengahbiskan banyak kuota apalagi dengan streaming video. Apalagi saat ini sangat banyak layanan streaming video yang memudahkan pengguna untuk dapat meihat trailer fil terbar, fil utuh dan juga video klip artis favorit mereka seperti contoh You Tube, iTunes, Viomeo ataupun Hulu. Streaming video merupakan salah satu penyebab kuota internet cepat habis yang sangat drastis, pasalnya konsumsi data streaming video bisa mencapai 50 MB per menit.

 Baca Juga : Fantasy HP “Transparan”! #InstagramInHand dengan Aplikasi PicsArt, Ini Caranya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here