Typo Kembali Membuat Masalah Dengan Hak Cipta ?

0
941
Typo Kembali Membuat Masalah Dengan Hak Cipta ?
Keyboard fisik Typo vs BlackBerry ( foto : BBnewup )

Mungkin beberapa dari kita sudah tidak asing lagi dengan Typo. Sebuah merek aksesoris untuk handset iPhone, yang memproduksi keyboard fisik tambahan ala BlackBerry untuk dipasang pada perangkat iPhone.

Produk keyboard fisik yang diproduksi Typo tersebut benar-benar menyerupai desain keyboard mulik BlackBerry yang sudah dipatenkan. Hal tersebut tentunya menarik BleckBerry untuk menggugat Typo dan menuntut mereka untuk menghentikan produksi dan penjualan aksesoris tersebut.

Namun beberaapa waaktu ini, Typo tampak berusaha menutupi kesaalahan mereka dengan berbagai cara. Dan beberapa cara yang merekaa lakukan tampak sudaah keterlaluan dan melampaui batas.

Ceritanya dimulai ketika CrackBerry mebuat sebuah video riview mengenai aksesoris keyboard dari Typo tersebut, dan review yang mereka berikan terkesan cukup baik, terkecuali ada beberapaa bagian dimana mereka memaparkan kekurangan dan keidentikan diantara aksesoris iPhone tersebut dengan keyboard milik BlackBerry dan menunjukan beberapa tindakaan penjiplakan di sana, karena desain tersebut sudah dipatenkan BlackBerry sebelumnya.

Typo menyukai review tersebut, sehinggga mereka mengutipnya dan menambahkan link di bagian akhir kutipan. Namun di sinilah titik permasalahannya. Bukannya mengarah ke video riview aslinya, link tersebut malah mengarahkan pengunjung ke akun Youtube milik Typo dimana video riview tersebut telah diedit dengan menghilangkan bagian kritiknya dan menyiskan bagian positifnya saja. Dan yang lebih parah, Typo mempostingnya sebagai testimonal.

Bukankah itu terdengar seperti spelanggarah hak cipta yang lengkap ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here