3 Alasan Mengapa Windows Phone Dijauhi Produsen Smartphone

0
583
3 Alasan Mengapa Windows Phone Dijauhi Produsen Smartphone
Windows Phone Store ( foto : Microsoft )

Seperti yang diketahui saat ini, di pasran smartphone, hampir semua label smartphone dan tablet menggunakan Android sebagai OS-nya. Bahkan Nokia yang tengah setia dengan Windows Phone pun turut engadopsi Android di salah satu seri handsetnya, yaitu Nokia X series.

Dibalik kepopuleran Android tersebut, sebaliknya Windows Phone justru seakan dihindari oleh para produsen smartphone di dunia. Dimana merek dan seri handset di jajaran Windows Phone sangat sedikit dan cukup terbatas ( terkecuali Nokia tentunya).

Keadaan ini sebenarnya bukanlah tanpa alaasan. Sebaliknya terdapat beberapa alasan kuat dibalik sedikitnya produsen yang menggunakn Windows Phone swbagai platformnya.

Pertama, Biaya Lisesnsi yang secara otomatis akan meningkatkan biaya penjualan sekitar 10%, berbeda dengan Android yang bisa dibilang gratis.

Yang kedua adalah Ekosistem yang dianggap kurang bagus. Dimana para produsen menganggap bahwa Windows Phone masihlah lebih lemah dibandingkan Android dan iOS.

Berbasis Close Source menjadi salah satu penyebab para produsen malas mengadopsi platform yang satu ini, karena mereka akan kesulitan untuk menyematkan beberapa inovasi dan modifikasi terhadp handset Windows Phone keluaran mereka. Berbeda dengan Android yang lebih terbuka dan mengizinkan paara produsen untuk mengotak-atiknya sesuai keinginan mereka. Hal ini tentunya akan menyebabkan semua merek smartphone yang berdiri diatas platform Windows Phone akan tampak sama saja, daan hal inilah yang justru kurang disukai oleh para produsen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here